Kamis, 30 Juni 2022

Banyak PTT Pemprov Jambi Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:45:32 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Hingga saat ini, ternyata masih banyak Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Asisten I Setda Provinsi Jambi Apani mengatakan, terakhir baru ada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi yang PTT-nya masuk dalam BPJS. Sementara sisanya belum ada yang masuk ke BPJS.

Namun dengan adanya aturan baru, semua pegawai tidak tetap di Pemprov Jambi harus terdaftar BPJS. Dengan ini Pemprov Jambi akan membayar dan mendaftarkan pegawai tidak tetap tersebut.

"Awal tahun ini semua pegawai tifak tetap harus masuk dalam BPJS. Jadi pemerintah yang membayarkan mereka agar masuk ke BPJS," kata Apani, Selasa (18/1/2022).

Untuk total tenaga tak tetap di Pemprov Jambi, kurang lebih ada sebanyak 6.000, namun belum semua yang masuk dalam BPJS. "Belum ada setengah dari mereka yang tak masuk BPJS, jadi tahun ini semuanya harus masuk," ujarnya.

Anggaran BPJS tersebut dimasukkan dalam APBD Pemprov Jambi kurang lebih Rp 59 miliar. "Ini dianggarkan setiap tahun, Insya Allah cukup," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Jambi Agus Pirngadi menerangkan, terkait dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang baru disiapkan Rp 59 miliar, terdiri dari dua item yakni untuk proses kerjasama Jamkesmasda antara Pemprov Jambi dengan BPJS.

Lalu kedua, sesuai ketentuan pemerintah pusat dari Pemprov Jambi wajib mensubsidi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

"KIS APBN ini kita subsidi Rp 2.000 per peserta itu yang kita tanggung. Jadi dari dua item kerjasama Jamkesda dan JKN KIS, itu jumlahnya Rp 59 miliar dalam satu tahun," katanya.

Selanjutnya, untuk anggaran yang disumbangkan itu sendiri berasal dari gabungan 37,5 persen dana bagi hasil pajak rokok dan Pendapatan Asli Daerah.

"Kalau untuk 59 miliar ini sudah tercapai," pungkasnya.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments