Rabu, 28 September 2022

Biro Adpim Sajikan Naskah Sambutan di Situs Pemprov Jambi

Naskah Sambutan Mudah Diakses, Pesan dan Harapan Gubernur Tersebar Luas

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:38:39 WIB


/

 JAMBI – Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah Provinsi Jambi berusaha meningkatkan pelayanan publik, sesuai dengan bidang kerja yang menjadi tugas dan fungsinya, salah satunya menyajian berkas digital naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di Situs (Website) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Memedomani Peraturan Gubernur Jambi Nomor 25 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Jambi yang merupakan turunan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, salah satu tugas dan fungsi Biro Administrasi Pimpinan, melalui Subbagian Komunikasi Pimpinan adalah menyusun naskah sambutan dan pidato Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dalam hal ini sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Meskipun relatif baru bagi Biro Administrasi Pimpinan untuk menyusun naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, karena Biro Administrasi Pimpinan baru ada pada Januari 2021, namun, Biro Adpim berusaha maksimal untuk menyusun naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi sebaik-baiknya. Sebelumnya, penyusunan naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dilaksanakan oleh Badan Perencanan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi.

Tidak hanya menyusun naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Biro Adpim juga melakukan inovasi, yakni menyajikan naskah sambutan dan pidato tersebut ke situs atau Website Pemerintah Provinsi Jambi www.jambiprov.go.id. Dalam situs Pemprov Jambi tersebut, ada menu khusus yang isinya Sambutan dan Pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Kepala Biro Adpim, Tandry Adinegara menjelaskan, dimuatnya arsip atau berkas digital naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di situs Pemprov Jambi merupakan upaya yang dilakukan oleh Biro Adpim agar naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi lebih mudah diakses atau didapatkan oleh masyarakat/publik, selanjutnya, dengan semakin mudahnya naskah sambutan dan pidato diakses masyarakat, maka pesan-pesan dan harapan-harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dalam sambutan dan pidato semakin tersebar luas.

Tandry Adinegara mengemukakan, disajikannya naskah sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di Situs Pemprov Jambi juga bersesuaian dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, karena sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur juga disampaikan kepada masyarakat dan khalayak.

Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Adpim, M.Alfiansyah menyatakan, substansi dalam sambutan dan pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, baik berupa program dan kebijakan pembangunan, aksi strategis, upaya-upaya mengatasi masalah yang timbul di tengah masyarakat, berbagai pesan, maupun harapan merupakan informasi penting untuk disampaikan kepada masyarakat, dan menyajikan naskah sambutan dan pidato tersebut ke Situs Pemprov Jambi merupakan salah satu langkah yang ditempuh Biro Adpim, yang secara perlahan namun berkesinambungan, semakin mendekatkan informasi pembangunan kepada masyarakat, sesuai dengan era digital sekarang ini.

Kepala Subbagian Komunikasi Pimpinan Biro Adpim, Mustar Johari Hutapea menambahkan, di era kemajuan teknologi saat ini, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sangat banyak informasi yang beredar, bahkan era ini sering disebut sebagai era disrupsi informasi.

”Sangat banyak informasi yang dengan mudahnya beredar. Ditengah kondisi ini, Subbagian Komunikasi Pimpinan, sesuai dengan tugas dan fungsinya, mencoba mengomunikasikan pesan dan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dalam sambutan dan pidato, yakni Optimalisasi Penyebarluasan Pesan dan Harapan  Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Sambutan dan Pidato Melalui Situs Pemerintah Provinsi Jambi,“ ujar Mustar.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments