Sabtu, 20 Agustus 2022

Bunga Bangkai Ditemukan di Kualabetara Tanjab Barat

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:55:11 WIB


Bunga bangkai ditemukan tumbuh di pekarangan rumah warga Desa Suaklabu, Kecamatan Kualabetara, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi
Bunga bangkai ditemukan tumbuh di pekarangan rumah warga Desa Suaklabu, Kecamatan Kualabetara, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi / Metrojambi.com

 KUALATUNGKAL - Bunga bangkai dengan nama latin armophopallus titanum ditemukan ditemukan warga di RT 02 Desa Suaklabu, Kecamatan Kualabetara, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi.

Bunga dengan bau menyengat itu ditemukan tumbuh di pekarangan rumah Ali, yang merupakan ketua RT setempat.

Muslikah, istri Ali saat dikonfirmasi mengatakan, suaminya pertama kali menemukan bunga bangkai itu pada Rabu (18/5) lalu saat akan membuang sampah.

"Awalnya saya tidak percaya ketika suami ngasih tau. Saya kira bunga yang saya tanam. Ternyata bunga bangkai," kata Muslikah,  Sabtu (21/5).

Menurut Muslikah, bunga bangkai tersebut selalu mengeluarkan bau menyengat pada sore hingga malam hari. "Saat sore hingga malam selalu mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai," ujarnya.

Ditambahkan Muslikah, sejak kabar penemuan bunga bangkai itu beredar, banyak orang yang datang ke rumahnya untuk melihat langsung bunga tersebut.

"Ada juga yang datang dari Kualatungkal. Makanya di sekitar bunga kami kasih pagar biar tidak rusak," kata Muslikah.

Saat ini kata dia, bunga itu sudah mulai layu. Tempat dimana bunga itu keluar merupakan tempat pembuangan sampah dan kulit pinang. "Makanya agak cekung karna tanahnya di ambil untuk tanaman cabai kan bagus bekas bakaran," tandasnya.

Salah seorang warga, Muhamad Yasak, mengaku baru pertama kali melihat bunga bangkai. "Baru pertama seumur hidup lihat bunga ini. Sayang pas kesini sudah layu ini," ujarnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments