Minggu, 29 Januari 2023

DPRD Kota Jambi Minta Toko Tidak Sediakan Kantong Belanja Plastik

Senin, 30 Mei 2022 | 16:28:26 WIB


Kemas Faried Afarelly, Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi
Kemas Faried Afarelly, Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi / Istimewa

JAMBI - Terpantau di lapangan untuk di pusat pembelanjaan yang telah di sosialisasikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan seperti di Mall Jamtos, Trona, Indomaret dan Alfamart telah menerapkan hal itu.

Hanya saja di toko kecil seperti minimarket belum menerapkannya. "Tau sih, tapi kalau kita yang menyediakan itu mahal juga. Kalau pelanggan yang bawa kantong sendiri kadang ada," ujar penjaga minimarket salah satu di Kota Jambi.

Terkait hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi Kemas Faried Afarelly membenarkan di Kota Jambi banyak ditemukan toko dengan kantong belanja tidak ramah lingkungan.

"Harapannya kepada toko-toko tidak menyediakan lagi kantong plastik dan di ganti dengan kantong belanja ramah lingkungan yang dapat di gunakan secara terus menerus," ujarnya.

Kemudin dikatakan, hasil pantauan di lapangan, jika sampah plastik menjadi salah satu juga penyebab banjir di Kota Jambi dan tersumbatnya saluran air atau drainase.

 "Kalo di Kota tetangga  lainnya  sudah mulai menggunakan kantong belanja ramah lingkungan, jadi hanya berbayar disaat pertama kemudian bisa digunakan berkali-kali. Asal di bawa tiap belanja," jelasnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments