Sabtu, 13 Agustus 2022

Antisipasi Konflik, Polres Bungo Siagakan Personel Jelang Pilrio Serentak

Senin, 16 Mei 2022 | 21:36:38 WIB


Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro
Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro / Metrojambi.com

 MUARABUNGO - Pemilihan Rio (Kepala Desa) serentak di 42 dusun (desa) di Kabupaten Bungo sudah memasuki tahapan penetapan nomor urut calon.

Para Calon Rio saat ini sudah mulai gencar melakukan kampanye terhadap pemilihnya untuk memenangkan kompetisi tertinggi tingkat dusun pada tanggal 15 Juni nanti.

Kondisi tersebut tentu rentan terjadi konflik di tingkat dusun. Menanggapi hal itu, Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro sudah mewanti-wanti kondisi tersebut.

Sebulan menjelang hari pemilihan, Kapolres Bungo sudah memberikan instruksi kepada anggotanya untuk menjaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat.

Dikatakan Kapolres, pihaknya membagi tiga tahapan dalam pengamanan Pilrio serentak 2020 agar terselenggara sejuk, aman , damai dan sehat.

"Pengaman kita lakukan dimulai dari pra pemilihan, saat pemilihan, dan pasca pemilihan," kata Kapolres, Senin (16/5).

Pengamanan pra pemilihan dilakukan dengan cara melakukan rapat koordinasi lintas sektoral, Safari Pilrio Serentak di 12 Kecamatan, pemasangan 50 himbauan dukungan masyarakat terselenggara Pilrio yang aman, menggelar Program Polisi Sambang Dusun yg langsung diikuti kapolres dan para Kabag serta Kasat dengan menginap semalam di rumah warga yang dusunnya menggelar Piltio dan menggelar pasukan pengamanan mulai dari tahapan pra pemungutan hingga masa Tenang.

Sementara saat pemilihan nanti, pengaman dilakukan dengan cara menurunkan personil di TPS sesuai dengan tingkat kerawanannya.

"Tingakat kerawanan kita katakan itu melihat beberapa parameter, seperti DPT lebih dari 2000, wilayah tanpa sinyal, jarak tempuh jauh dan calon yang lebih dari empat atau dua calon yang berasal dari satu trah keluarga," tutur Guntur.

Ia berharap masyarakat tidak terpecah akibat adanya pesta demokrasi tingkat dusun itu.

Dikatakan Guntur, dengan adanya agenda enam tahunan ini. Ia mengajak masyarakat menjadi pemilih cerdas dan menggunakan haknya sesuai aturan-aturan yang sudah ditetapkan.

"Untuk saat ini masih aman. Jika nanti ada potensi terjadinya konflik, kita juga sudah menyiapkan personel pengamanan," tegasnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments