Senin, 27 Juni 2022

Rekrutmen PPPK Tunggu Regulasi

Usulkan 150 Formasi, Pemprov Siapkan Dana Rp 800 Juta

Rabu, 22 Juni 2022 | 08:32:58 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi belum bisa memproses rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Padahal, Pemprov telah mengusulkan sebanyak 150 formasi yang akan dibuka pada 2022.

“Rekrutmen PPPK belum dapat dilaksanakan karena belum ada aturan dan regulasinya seperti apa,” ujar Sekretaris BKD Provinsi Jambi Hambali, Selasa (21/6).

Katanya, sampai kini regulasi tata cara pelaksanaan dan kriteria peserta belum ada. Jika mengacu aturan pada 2021, seleksi PPPK hanya untuk honorer K2 atau honorer yang telah bekerja 15 tahun.

“Kalau aturan tahun kemarin, hanya mereka (honorer K2) yang boleh mengikuti seleksinya. Kalau ada yang tak lulus, maka bisa mengikuti tes selanjutnya selagi masih ada formasi yang kosong,” jelasnya

Untuk tahun ini, kata dia, bisa jadi aturan berubah, misalnya honorer K2 mengikuti tes bersamaan dengan peserta umum. “Aturan ini yang masih kita tunggu dari pemerintah pusat,” bebernya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman menyatakan bahwa Pemprov berharap agar rekrutmen PPPK tahun ini dapat terwujud. Apalagi, usulan formasi yang dibuka sudah disampaikan ke pemerintah pusat.

“Usulan kebutuhan PPPK dari Pemprov sudah diteruskan ke Menpan RB. Masih menunggu info lebih lanjut dari Menpan. Usulan untuk tahun ini,” singkatnya.

Pemprov mengusulkan sebanyak 150 formasi PPPK yang terdiri dari 116 untuk tenaga guru, 23 tenaga kesehatan dan 11 tenaga administrasi lainnya.

Sementara anggaran untuk pelaksanaan seleksi PPPK pada APBD 2022 sebesar Rp 800 juta. Anggaran sebanyak itu dialokasikan dengan asumsi peserta mencapai 8 ribu orang.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pada 2022 pemerintah meniadakan seleksi CPNS dan mengutamakan rekrutmen PPPK. Di sejumlah negara maju, kata dia, dengan adanya PPPK, maka jumlah PNS dikurangi.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Joni Rizal



comments