Kamis, 7 Juli 2022

Aspebindo Jambi Apresiasi Gubernur Buka Jalan Khusus Batubara

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55:24 WIB


/ Metrojambi.com/ist

 JAMBI - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Jambi mendukung langkah pemerintah Provinsi Jambi membuka jalan khusus untuk angkutan batubara (hauling road) dari Koto Boyo ke Tempino sampai Bajubang.

Ketua umum DPD Aspebindo Jambi Al Haafizhussayuty mengatakan, langkah yang tepat dan cepat tanggap dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris - Abdullah Sani dalam mengatasi kemacetan yang sering terjadi.

Al Haafizhussayuty mengatakan, pembukaan jalan khusus untuk angkutan batubara merupakan program pro rakyat, karena bertujuan agar angkutan batubara tidak mengganggu aktivitas dan akses jalan umum bagi warga Jambi.

"Dengan adanya jalan angkutan khusus ini juga memberikan kenyamanan bagi para pengusaha batubara. Sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi dan jual beli, tentunya PAD bagi hasil dari pemerintah pusat di sektor energi bisa meningkat," kata Haafiz, sapaan akrab Ketua umum Aspebindo Jambi ini.

Haafiz juga menambahkan, pihaknya siap menjadi garda terdepan untuk menjembatani Pemerintah Provinsi dengan pengusaha batubara. Sesuai dengan visi misi gubernur, Jambi MANTAP.

"Kita juga mengimbau kepada segenap pengusaha pemilik IUP OP yang ada di provinsi jambi agar  menaati Surat Edaran dari Gubernur Jambi nomor 1165/DISHUB-3.1/V/2022 tentang pengaturan lalu lintas angkutan batubara Surat Edaran dirjen minerba nomor 6.E/MB.05/DJB.B/2022 tentang Penataan lalulintas angkutan batubara," ujarnya.

"Kita (Aspebindo, red) akan tegaskan setelah beroperasi jalan Hauling ini nantinya agar sama-sama menjaga dan merawatnya smoga membawa manfaat bagi pengusaha dan dapat berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi," tambahnya.

Ditambahkan juga oleh Sekretaris Aspebindo Jambi, Iqbal Linus, ia mengharapkan juga bantuan dan perhatian pemerintah pusat agar bisa membantu proses pengerukan sungai Batanghari. Hal itu sebagai jalur sungai yang dapat digunakan untuk akses angkutan batubara.

"Kami juga harapkan pemerintah pusat realisasikan secepat mungkin pengerukan sungai Batanghari agar dapat mengurangi kemacetan yang menjadi PR kita selama ini," tutupnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments