Selasa, 9 Agustus 2022

Pengawasan WNA di Sarolangun akan Lebih Diperketat

Senin, 27 Juni 2022 | 11:23:22 WIB


Endang Abdul Naser , Sekda Sarolangun
Endang Abdul Naser , Sekda Sarolangun / dok/metrojambi.com

SAROLANGUN - Warga Negara Asing (WNA) harus lebih patuh jika ingin berkunjung di wilayah Kabupaten Sarolangun. Tim pengawas orang asing di daerah itu bakal lebih memperketat jika menemukan warga negara asing.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Endang Abdul Naser mengatakan, untuk permasalahan orang asing pihaknya berkomitmen melakukan pemantauan jika menemukan WNA.

"Melalui Camat nanti dia akan memerintahkan Kades atau Lurahnya memantau jika ada orang asing harus cepat melapor," kata Endang, Senin (27/6).

Menurut Endang, pihaknya tidak ingin kecolongan terhadap warga negara asing yang bermukim tanpa jelas tujuannya. "Kita tidak mau orang asing tidak terdata, apalagi di Sarolangun ini banyak investasi dan itu harus kita jaga juga," katanya.

Saat ini terdapat enam orang WNA yang terdata masuk wilayah Sarolangun. Selain itu, Endang bercerita jika WNA yang ingin masuk kedaerah Sarolangun untuk lebih taat dalam aturan.

"Umumnya pekerja, namun yang salahnya visa mereka visa itu visa turis tapi sekarang sudah lebih ketat," jelasnya.

Sementara itu, Endang mengungkapkan sampai saat ini belum terdapat WNA masuk Sarolangun dideportasi ke negara asal. Kedepan dia berharap melalui Camat untuk lebih aktif memberi laporan.

"Nanti kita minta masukan, kalau memang ada target operasi kita akan operasi gabungan," pungkasnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments