Kamis, 11 Agustus 2022

Dinas PUPR Tebo Diminta Maksimalkan Serapan Anggaran PEN

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:15:06 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tebo diminta untuk memaksimalkan kinerja penyerapan anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bupati Tebo Sukandar mengharapkan anggaran tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin. "Kontrak pinjaman sudah ditanda tangani pada Desember 2021 lalu, dana itu difokuskan pada pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan," katanya, Selasa (11/1/2022).

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Tebo Nazar Efendi menambahkan, penandatanganan kontrak pinjaman sudah dilakukan pada 29 Desember 2021.

"Kini tahapan penggunaan dana PEN berada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Nazar.

Nazar menyebutkan, untuk pengerjaan dan pengadaan sendiri sama seperti dengan tahapan belanja barang. Semua pekerjaan juga dilakukan lelang pada bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP).

"Saat ini seharusnya sudah mulai berjalan di Dinas PU. Harapan kita kawan-kawan PU sudah mulai bekerja," katanya.

Batas penyerapan dana PEN tersebut, kata Nazar, Pemkab memberikan waktu hingga 30 Juni 2022 dengan limit pinjaman sebesar Rp 150 miliar dari Kementerian.

Untuk itu, kata Nazar, diharapkan Dinas PUPR Kabupaten Tebo memaksimalkan kinerja dalam penyerapan dana PEN. Pasalnya besaran nilai penggunaan dana PEN, bergantung pada kinerja dinas tersebut dan tim pelaksana.

"Jumlah limit yang ditentukan itu tergantung apakah Dinas PU mampu memaksimalkan serapan anggaran," katanya.


Penulis: Suci
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments