Sabtu, 13 Agustus 2022

Layanan PSC 119 Dinkes Sarolangun Masih Belum Maksimal

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:38:52 WIB


/ Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sarolangun memiliki layanan darurat Publik Service Center (PSC) 119 untuk melayani masyarakat dalam hal kesehatan.

Di bawah Bidang Pelayanan Lesehatan (Yankes), pengoperasian PSC 119 yang dimulai sejak tahun 2019 lalu itu terkesan masih belum maksimal.

"Ke depan, setiap ada yang darurat bisa telepon ke layanan 119 agar kami bisa cepat tanggap," kata Kepala Tim Pelaksana PSC 119 Nahrul Hayat, Rabu (22/6).

Menurut Nahrul, fasilitas yang ada di PSC 119 Dinkes Kabupaten Sarolangun itu hanya memiliki satu unit ambulance dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

"Fasilitas itu sekarang memang masih kurang, kemarin sudah kami ajukan cuma masih belum dapat," katanya.

Nahrul juga mengimbau kepada masyarakat jika butuh pertolongan untuk tidak sungkan mengabarkan PSC dengan menghubungi nomor telpon yang telah disediakan.

"Bisa dihubungi lewat nomor telepon 08117448119 yang aktif 24 jam. Kami stanbay kapanpun warga Sarolangun yang membutuhkan kami akan siap," ujarnya.

Selain itu, layanan PSC 119 disebut mencakup kawasan Kota Sarolangun. "Sebenarnya masih kurang standar untuk fasilitas mobil kita, tapi tetap kami usahakan sebisa mungkin," jelasnya.

Nahrul mengungkap, jika sampai saat ini masih tergolong kecil masyarakat yang menggunakan jasa layanan darurat 119 dan dimungkinkan karena masih belum terlalu dikenal.

"Pertama yang perlu ditambah itu alat transportasi, mobil, motor yang setidaknya standar untuk kenyamanan pasien," katanya lagi.

Sementara itu, dalam layanan 119 juga terdapat perawat, dokter, bidan dan farmasi untuk membantu pemberian pertolongan pertama jika dibutuhkan.

"Untuk biaya kami tidak ada meminta. Kendala pertama sekali alat untuk pengoperasian 119," pungkasnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments