Rabu, 17 Agustus 2022

Pengembalian Temuan BPK Terkait Proyek Jalan Patunas Belum Tuntas

Selasa, 05 Juli 2022 | 15:17:25 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KUALA TUNGKAL - Pengembalian temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jambi pada proyek Jalan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) sekitar Rp 1,2 miliar hingga saat ini masih belum tuntas.

Proyek itu sendiri didanai dari APBD Perubahan tahun 2018 sebesar Rp 6,7 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Tanjabbar. Pekerjaan kontruksi jalan rigit beton itu dikerjakan PT Pili and Tris Sunas.

Sejak temuan BPK itu mencuat ke publik hingga kini masih terkatung-katung penyelesaiannya. Biasanya, BPK memberikan waktu 60 hari kerja untuk mengembalikan hasil temuan, jika tidak maka akan ada upaya hukum yang akan diambil.

Pada kasus Jalan Patunas ini, sudah sejak 2019 hasil audit keluar hingga pertengahan  2022 belum juga ada penyelesaian. Yang ada hanya sebatas jaminan tanah dari pihak rekanan.

Kepala Inspektorat Tanjabbar Encep Zarkasi mengatakan, kasus ini saat ini tengah ditangani oleh tim yang sudah dibentuk. Encep menyebutkan, tim mengalami sejumlah kendala untuk penelusuran aset yang menjadi jaminan.

"Ada satu aset mereka yang belum ketemu yang menjadi jaminan. Aset itu berada di Kabupaten Muarojambi," kata Encep, Senin (5/7).

Encep menyebutka  dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Muarojambi untuk mencati titik tanah yang menjadi jaminan.

"Yang punya pun lupa dimana karena mungkin terlalu banyak aset dia tu, kita akan koordinasi dengan BPN. Mereka kan tau titik titik sesuai dengan sertifikat jaminan," ujarnya.

Lebih lanjut, Encep menyebutkan tanah yang menjadi jaminan itu ada di beberapa lokasi seperti di Lampung, Lubuk Linggau, dan Muarojambi. "Kalau yang lain sudah ketemu. Tinggal satu lagi," kata Encep.

Encep berharap dalam waktu dekat ini semua bisa selesai dan hal itu menjadi pekerjaan rumah untuk dirinya dan tim. "Ini PR kita mudahan dalam waktu dekat selesai," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments