Rabu, 17 Agustus 2022

Pohon Pisang Unik di Kota Jambi, Berbuah Dalam Batang Tanpa Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 11:38:26 WIB


Pohon pisang unik yang berbuah dalam batang dan tanpa jantung
Pohon pisang unik yang berbuah dalam batang dan tanpa jantung / Ichsan/metrojambi.com

JAMBI - Pisang unik tumbuh di RT 15 Kelurahan Bulurankenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Pisang yang umumnya tumbuh di pucuk pohon, namun pisang ini memiliki buah di dalam batang.

Pisang jenis lemak manis 40 hari itu merupakan milik Abdul Aziz, yang ditanam tepat di sebelah rumahnya. Abdul Aziz sendiri kesehariannya berprofesi sebagai ojek online (Ojol).

Baca juga : Pohon Tumbuh Berangkulan Jadi Daya Tarik Baru Candi Muarojambi

Abdul Aziz mengatakan bahwa awalnya ia tidak mengetahui jika pohon pisang miliknya itu berbuah di dalam batang. Menurut Abdul Aziz, ia baru menyadari bahwa pohon pisang miliknya itu berbuah dari dalam sekitar dua minggu yang lalu.


"Saya baru sadar sekitar dua minggu yang lalu kalau pohon pisang ini berbuah dari dalam karena pisan itu timbul keluar. Awal timbulnya itu, hanya terlihat dua buah pisang. Lama kelamaan pohon itu terbuka," kata Abdul Aziz, Kamis (14/7).

Ditambahkannya, pisang yang berbuah dari dalam itu ada sebanyak tiga sisir tanpa mempunyai jantung pisang. "Ada tiga sisir pisang, dan pisang ini tidak mempunyai jantung," ujarnya.

Lebih lanjut, Abdul Aziz mengatakan ia menanam pohon pisang itu sekitar dua tahun yang lalu. Ia pun juga terheran-heran karena ia baru pertama ini pohon pisang miliknya berbuah dari dalam.

Baca juga : Rafflesia Gadutensis Raksasa Ditemukan di Hutan Angkola

"Baru ini saya lihat pohon pisang berbuah dari dalam. Sebelumnya saya belum pernah melihatnya,"katanya.

Ditambahkannya, jika buah pisang itu telah matang, ia tidak berniat untuk menjualnya. "Pisang ini akan saya konsumsi sendiri, tidak saya jual," tandasnya.


Penulis: Ichsan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments