Minggu, 29 Januari 2023

Dewan Harap Tak Ada PPDB Gelombang Kedua

Hari Ini Belajar Mengajar Dimulai

Senin, 18 Juli 2022 | 10:51:00 WIB


Jasrul, Komisi IV DPRD Kota Jambi
Jasrul, Komisi IV DPRD Kota Jambi / dok/metrojambi.com

JAMBI -  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMPN di  Kota Jambi telah usai sejak beberapa waktu lalu. Hari ini (Senin) 18 Juli merupakan hari pertama siswa untuk masuk sekolah.

Terkait PPDB Disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi, Jasrul, sekolah yang sudah ditetapkan PPDB agar tidak lagi membuka pendaftar kedua. "Jangan dipaksakanlah," kata Jasrul.

Menurutnya dalam zonasi pendaftaran di sekolah terfavorit malah banyak siswa yang daftar bukan dari zonasinya. Terkait sekolah yang sedikit peminat agar sekolah tersebut lebih bersaing dengan sekolah lainnya.

"Ada program baru di sekolah tersebut yang menjadi unggulan sehingga diminati oleh masyarakat di sekitar sekolah," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Jambi jika ada sebanyak 5.903 pendaftar untuk jenjang SMP. 

Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi Andra Anwar mengatakan, daya tampung untuk 26 SMP se kota Jambi yakni sebanyak 6.028 orang. "Sementara itu pendaftar saat PPDB ada 5.653 siswa," ujarnya.

Kemudian dikatakan, untuk lulusan dari SD Negeri dan Swasta di Kota Jambi sebanyak 9.532 siswa. 

Dengan demikian, diakui Andra dari lulusan SD baik Negeri maupun Swasta di Kota Jambi hanya separuh yang lebih memilih masuk sekolah Negeri.

"Kemungkinan masuk Swasta seperti SMP IT,  Swasta Umum dan masuk pesantren," katanya.

Sementara itu, data yang didapat dari Dinas Pendidikan Kota Jambi juga saat PPDB SMP, terbanyak pendaftar ada di SMPN 6 Kota Jambi sebanyak 366 siswa dan SMPN 7 Kota Jambi sebanyak 345 siswa.

"Sedikit pendaftar ada di SMPN 13 Kota Jambi 8 pendaftar dan SMPN 23 Kota Jambi 21 siswa," ujarnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments