Rabu, 17 Agustus 2022

Balai POM Jambi Temukan 676 Pcs Kosmetik Ilegal dan Berbahaya

Jumat, 05 Agustus 2022 | 11:58:30 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Balai Pengawas Obat dan Makanan (Balai POM) bekerja sama dengan kepolisian daerah melaksanakan aksi penertiban pasar dan kosmetik ilegal atau mengandung bahan berbahaya.

Plt Kepala Balai POM Jambi Fuani Farid mengatakan, selama 10 hari kegiatan yang dimulai dari 19 sampai 29 Juli 2022, telah dilakukan pengawasan terhadap 39 sarana disribusi kosmetik.

Dari 39 sarana tersebut, 21 sarana diantaranya Memenuhi Ketentuan (MK) sedangkan sisanya 18 sarana dinyatakan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK), yakni menjual kosmetik tanpa izin edar (TIE) dan kedaluarsa.

"Total temuan sebanyak 128 item atau 676 psc kosmetik ilegal maupun kosmetik berbahaya. Baik kosmetik dalam negeri maupun berasal dari luar negeri," kata Fuani, Jumat (5/8).

Jenis Kosmetik tanpa Izin Edar (TIE) masih banyak ditemukan di masyaraket berupa lipstik, krim pemutih, sabun wajah, parfum, perona pipi, masker wajah, kutek, maskara, eyeliner, dan pensil alis.

Balai POM Jambi melakukan kegiatan tersebut hanya di dua kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi, yakni Kota Jambi dan kabupaten Tebo, karena didua daerah tersebut merupakan yang paling banyak peredaran kosmetik ilegak maupun berbahaya

"Kita melakukan pengawasn tidak keseluruh daerah, hanya melakukan di kota Jambi dan kabupaten Tebo. Kenapa di dua daerah ini hasil kajian resiko kami dua daerah tersebut lumayan banyak peredaran kosmetik ilegal maupun kosmetik berbahaya," kata Fuani.

Balai POM Jambi juga meminta dan mengingatkan kepada pelaku usaha agar selalu mentaati peraturan yang berlaku, dan kepada masyarakat umum, jadilah konsumen cerdas dan selalu memperhatikan "Cek Klik".

"Cek kemasan, cek label, cek Izin, dan cek kedaluarsa," tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments