Rabu, 17 Agustus 2022

Perenang Difabel Jambi Raih Satu Emas dan Dua Perak Pada ASEAN Para Games 2022

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 08:58:16 WIB


Bayu Putra Yuda
Bayu Putra Yuda / Metrojambi.com

 JAMBI - Perenang difabel asal Kabupaten Sarolangun, Jambi, Bayu Putra Yuda meraih satu medali emas dan dua perak pada ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di kolam renang GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah.

Sekretaris National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Jambi, Bungaran Abraham Tambunan mengatakan Bayu meraih medali emas pada gaya kupu-kupu jarak 50 meter putra dengan catatan waktu 30,04 detik.

Adapun medali perak diraih dari nomor 200 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu dua menit 24,14 detik, dan dari nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan waktu satu menit 21,51 detik.

"Kami merasa bangga dan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya Bayu Putra Yuda atas kemauannya untuk berlatih dengan tekun, keras dan disiplin yang dimilikinya sehingga pada ajang internasional Bayu berhasil meraih satu emas dan dua medali perak," kata Bungaran, Sabtu (5/8/2022).

Sebelumnya, Bayu juga berhasil mengukir prestasi dengan memperoleh satu medali emas dan dua medali perak pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2020 Papua.

Sementara itu, Bayu Putra Yuda sangat bersyukur dengan keberhasilannya tersebut. "Alhamdulillah saya berhasil melebih target yang ditetapkan, karena sebelumnya saya diprediksi hanya mampu meraih dua medali perak dan satu medali perunggu pada cabang renang," kata Bayu.

Ia menyampaikan terima kasih kepada NPC Provinsi Jambi dan juga kepada pelatih yang telah memberikan program latihan yang sangat keras dan disiplin sehingga bisa meraih prestasi pada tingkat nasional dan internasional.

Dalam perlombaan cabang renang ASEAN Para Games XI/2022 di Jawa Tengah, perenang difabel Bayu Putra Yuda meraih emas nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra dengan waktu 30,04 detik sedangkan peraih perak Chan Sa Mathi (Thailand) waktu 30.08 detik dan untuk perunggu direbut Indonesia Tangkilisan Steven Sualang (30,19 derik).

Sementara itu pada nomor 200 meter gaya bebas putra, Bayu Putra Yuda meraih perak dengan waktu dua menit,45,14 detik, sementara emas diraih perenang Malaysia Fraidden Dawan waktu dua menit 36,44 detik dan perunggu diraih atlet Kamboja Yav Vannak waktu dua menit 50,49 detik.

Perenang Bayu Putra Yuda juga meraih medali perak pada nomor 50 meter gaya dada putra dengan waktu satu menit 21,51 detik sedangkan emas diraih Aung Phone (Myanmar) waktu satu menit 18,21 detik dan perunggu diraih perenang Kamboja Yav Vannak (satu menit 26,38 detik).


Penulis: Ant/Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments