Senin, 3 Oktober 2022

SKK Migas PetroChina Gelar Pelatihan Pengembangan Kambing Peranakan Etawa

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:57:59 WIB


SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan pelatihan pengembangan kambing peranakan etawa di BUMDES Pujiku Artomoro, Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Rabu (10/8/2022)
SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan pelatihan pengembangan kambing peranakan etawa di BUMDES Pujiku Artomoro, Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Rabu (10/8/2022) / Istimewa

KUALATUNGKAL - SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan pelatihan pengembangan kambing peranakan etawa di BUMDES Pujiku Artomoro, Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Rabu (10/8/2022).

Government and Relations Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Setiaandika Priandaru mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian keseluruhan program pengembangan peternakan kambing etawa yang merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan.

"Melalui pelatihan ini kami berharap peserta  bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para pakar dan narasumber kita dan dapat menerapkannya di lapangan nanti," ungkapnya.

Selain menggelar pelatihan, SKK Migas - PetroChina juga menyiapkan kandang dan memberikan stimulus berupa kambing etawa sebanyak 35 ekor, 3 diantaranya jantan dan 32 betina yang siap dikembangbiakkan serta obat-obatan pemeliharaan kesehatan hingga penyediaan pakan di atas lahan yang sudah disepakati.

Setiaandika Priandaru juga berharap kambing yang diberikan nantinya dapat dikelola dengan baik oleh kelompok tani dan pada saatnya nanti terus berkembang sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Tanjung Jabung Barat.

"Kepada pemateri yang akan menyampaikan materi pelatihan selama 2 hari ini kami harapkan dapat sepenuhnya membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta pelatihan. Kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan momen ini seoptimal mungkin untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya," katanya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Pujiku Artomoro, Desa Terjun Gajah Firmansyah  mengatakan pihaknya berterimakasih atas bantuan CSR dari PetroChina Jabung Ltd tersebut. 

Menurutnya, peternakan etawa tersebut juga didampingi oleh Universitas Jambi. "Saya mengucapkan terimakasih pada PetroChina yang telah memberikan bantuan dari dana CSR yang ditujukan pada Bumdes ini dan bekerjasama dengan Unja yang diketua oleh Bu Adriani," ujarnya.

Dia berharap agar pertenakan etawa tersebut dapat tumbuh dan berkembang sehigga terwujudnya peternakan etawa yang berkualitas.

"Saya berterimakasih kepada seluruh pihak. Semoga edukasi ini bisa bermanfaat demi terwujudnya ternak kambing etawa ini," katanya.

Sejauh ini sudah ada 10 orang yang akan mulai melakukan upaya peternakan kambing etawa tersebut. Dia berharap 10 orang tersebut dapat terus bekembang. "Sepuluh orang ini sudah mulai menyiapkan tempat," katanya.

Sementara itu, perwakilan Camat Betara Betara juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada SKK Migas - PetroChina yang telah memfasilitasi pelatihan ini.

"Harapannya semoga pelatihan ini bisa bermanfaat dan bisa lebih meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Selain Setiaandika Priandaru Government and Relations Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, pelatihan ini juga dihadiri pemateri Prof Dr Ir Adriani MSi, Dr Ir Yurleni MSi, Dr Ir Mairizal MSi, perwakilan Desa Terjun Gajah, BUMDES Pujiku Artomoro dan masyarakat.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments