Rabu, 28 September 2022

Pemkot Ubah Gedung Graha Lansia Menjadi Rumah Sakit

Fasha : Kita pikirkan dimana gedung Graha Lansia yang baru

Minggu, 03 Juli 2022 | 14:11:06 WIB


Walikota Jambi, Syarif Fasha
Walikota Jambi, Syarif Fasha / Istimewa

JAMBI - Gedung Graha Lansia dijadikan rumah sakit baru di Kota Jambi, kini Pemkot Jambi tengah memikirkan dan mencari lokasi baru untuk Gedung Graha Lansia tersebut.

Walikota Jambi Syarif Fasha menyebutkan, dijadikan rumah sakit baru di Gedung Graha Lansia tersebut merupakan untuk mendukung kebutuhan rumah sakit di kota Jambi. 

Dikatakan, saat pandemi covid-19 lalu Kota Jambi kekurangan rumah sakit.

 “Akan dipikirkan di mana tempat Graha Lansia yang baru nantinya. Gedung yang lama akan kita jadikan rumah sakit baru, mengingat pada pandemi kemarin kita kekurangan rumah sakit. Kita tak mau hal itu terjadi lagi,” ujarnya.

Diketahui, Gedung Graha Lansia Kota Jambi yang berada di Kelurahan Budiman, Kecamatan Jambit Timur, awalnya disediakan untuk mendukung berbagai kegiatan terpusat bagi para lansia di Kota Jambi.

"Kalau kami ini, para pejabat tidak peduli kepada para lansia maka tidak menutup kemungkinan kami juga pada saat lansia tidak akan dipedulikan oleh generasi-generasi di bawah. Kami ingin memberikan contoh yang baik kepada para generasi di bawah bagaimana memuliakan para lansia," jelasnya.

Menurutnya, Graha Lansia yang telah diluncurkan tersebut tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan pengabdian dan kasih sayang yang telah tercurahkan oleh para lansia selama ini.

Untuk pembangunan Rumah sakit baru eks Graha Lansia, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Sukmana Fitra mengatakan, anggaran untuk pembangunan RS baru tersebut sudah dialokasikan pada APBD 2022 dan dua tahun anggaran.

Dikatakan, Graha Lansianya dirobohkan dulu, baru akan dibangun gedung baru untuk rumah sakit. "Untuk penyelesaian rumah sakit pada luas lahan sekitar 25 tumbuk tersebut, dihitung estimasi anggarannya antara Rp70-80 Miliar," ujarnya.

Pada 2022, Pemkot Jambi telah mengalokasikan dana sebesar Rp25 miliar untuk pembangunan rumah sakit baru itu. "Pembangunan RS tipe C membuat masyarakat akan lebih mudah mengakses layanan kesehatan," tandasnya


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments