Senin, 3 Oktober 2022

DPRD Minta Pemprov Jambi Tuntaskan Lahan Tol Lintas Timur Sumatera

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:36:48 WIB


Jalan tol Trans Sumatera
Jalan tol Trans Sumatera / Istimewa/riaulink/suara.com

JAMBI - DPRD Provinsi Jambi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat segera menuntaskan pembayaran pembebasan lahan pembangunan jalan tol lintas timur Sumatera tepatnya di area Jambi-Rengat yang masih belum terselesaikan.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Fauzi Ansori, Kamis (11/8/2022), meminta Pemprov setempat menuntaskan sejumlah titik yang belum selesai pembebasan lahannya.

"Anggota
"Kami terus mendesak Pemprov Jambi dan mengupayakan agar lahan terdampak segera diselesaikan, terutama lahan di sepanjang Jambi-Rengat. Untuk jumlah dan lokasi secara detail silahkan ke Bappeda, karena mereka yang mengetahui pasti," katanya.

Untuk itu, pihaknya mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut. Dewan juga mendorong percepatan pelaksanaannya, yang saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan agar pembangunan fisiknya dapat dilakukan, sehingga pembangunan jalan tol Jambi segera terselesaikan. Program pembangunan jalan tol batas Betung-Tempino dan Jambi-Rengat terus berjalan dengan target penyelesaian pada 2024, namun pembebasan lahan Batas Jambi-Rengat ada beberapa titik yang belum selesai pembebasan lahannya,  sedangkan untuk ruas batas Betung-Tempino tidak ada masalah.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faisal Riza meminta ke Bappenas untuk pembangunan jalan tol Betung-Tempino bisa dilakukan pada tahun ini. Pihaknya minta percepatan, kemudian proses ganti rugi juga harus dilakukan dengan cepat, karena di Sumatera saat ini hanya Jambi yang belum ada jalan tol.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto juga menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono untuk percepatan pembangunan ruas tol Betung-Tempino dan Jambi-Rengat. Ketua DPRD Provinsi Jambi itu mengatakan dalam waktu dekat ini ia akan kembali menemui Menteri PUPR terkait tol Betung-Tempino. Sejauh ini ia juga terus komunikasi dengan Menteri PUPR Basuki dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi soal pembangunan tol Betung- Tempino itu.


Penulis: Ant/Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments