Senin, 3 Oktober 2022

9 Napi Kasus Korupsi di Jambi Diusulkan Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:01:18 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jambi mengusulkan 3.540 narapidana (napi) untuk mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan pada momen HUT Kemerdekaan RI tahun 2022.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi Aris Munandar mengatakan, dari 3.540 orang itu ada 9 narapidana kasus korupsi yang disusulkan mendapat potongan masa tahanan.

"Ada sembilan orang, dari Lapas Kelas IIA Jambi delapan napi, dan dari Lapas Muarabungo satu napi," kata Aris, Senin (15/8/2022)

Mereka yang diusulkan mendapatkan remisi harus berkelakuan baik dan sudah menjalani masa tahanan selama 6 bulan. Khusus untuk para napi koruptor harus telah mengembalikan uang yang dikorupsi dan biaya denda kepada negara.

"Mereka harus sudah membayar lunas denda dan uang pengganti. Mereka rata-rata dapat tiga bulan potongan masa tahanan," kata Aris.

Selain itu, dari 3.540 napj yang mendapatkam remisi, ada 11 orang napi dinyatakan langsung bebas (Remisi Umum II) usai masa tahanannya selesai setelah dipotong remisi.

"Benar, total kita usulkan 3.540 Narapidana untuk remisi kemerdekaan tahun ini, yang langsung bebas itu ada 11 orang dari lapas Kelas IIA dan Lapas di Kualatungkal," tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments