Rabu, 8 Februari 2023

Baru Tanjab Barat dan Tanjab Timur Lakukan Penyuntikan Vaksin Keempat Bagi Nakes

Senin, 29 Agustus 2022 | 14:41:26 WIB


Ilustrasi - Vaksin Covid-19
Ilustrasi - Vaksin Covid-19 / ANTARA/HO-Sutterstock

JAMBI - Sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi saat ini tengah mempersiapkan penyuntikan vaksin Covid-19 yang keempat bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Dari semua kabupaten/kota di Jambi, tercatat baru Kabupaten Tanjab barat dan Tanjab Timur yang telah mulai melakukan penyuntikan ini, kaarena stok vaksin moderna tersedia di kedua daerah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Eva Susanti mengatakan, vaksin keempat bagi nakes sudah dilaksanakan di Tanjabbar dan Tanjabtim.

"Untuk kabupaten/kota lain belum lantaran awalnya yang boleh disuntikkan adalah vaksin moderna, dan jenis ini hanya ada di dua kabupaten tersebut," kata Eva, Senin (29/8/2022).

"Dan setelah jenis pfizer boleh maka kita ajukan ke pusat juga untuk permintaan vaksinnya," tambah Eva.

Eva mengungkapkan pentingnya vaksin keempat untuk menambah kekebalan nakes. Karena nakes merupakan garda kedepan dan harus mempunyai kekebalan lebih dibanding masyarakat umum lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Fery Kusnadi menerangkan pihaknya tengah mempersiapkan dan mendata jumlah vaksin yang akan digunakan. "Begitu lengkap data ini kita akan laksanakan serentak se-provinsi Jambi," ucapnya.

Ditargetkan nantinya awal bulan akan dilakukan vaksin keempat. Sedangkan untuk vaksin booster ketiga nakes di Jambi sudah 90 persen.

Untuk saat ini pasien Covid-19 pertumbuhan kasus per hari masih ada. Namun hanya berkisar 2 hingga 5 kasus. Dan kondisi tidak parah.

"Tak pernah lagi sampai 10 hingga 15, dan kasus tak ada masalah, kondisi masih baik sekarang yang menderita Covid-19 sebanyak 30-an se Provinsi dan yang dirawat di rumah sakit hanya sedikit dari jumlah itu," tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments