Selasa, 7 Februari 2023

Pekerja di Tanjab Barat Capai 10 Ribu Orang

Senin, 05 September 2022 | 16:13:37 WIB


Kepala Disnaker Tanjab Barat, Dianda Putra
Kepala Disnaker Tanjab Barat, Dianda Putra / Eko Siswono/Metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) mencatat ada sekitar 10 ribu orang yang bekerja di 140 perusahaan. Dari total itu, hampir separuh diisi oleh tenaga lokal atau putra daerah.

Kepala Disnaker Tanjab Barat, Dianda Putra mengatakan, saat ini tercatat ada sekitar 10 ribu orang yang menjadi tenaga kerja pads perusahaan yang tersebar di wilayah Tanjab Barat. Dari total itu hampir separuhnya merupakan tenaga kerja lokal.

"Serapan tenaga kerja di Tanjab Barat sekitar 50 persen menggunakan tenaga lokal rata-rata, dari total sekitar 10 ribu orang tenaga kerja," kata Dianda, Senin (5/9/2022).

Dianda menyebutkan, para pekerja itu ada yang berada di perusahaan perkebunan seperti kelapa sawit dan pabrik sawit maupun perusahaan lainnya.

"140 perusahaan yang terdata di Disnaker 10 ribu lebih hampir 50 lokal sisanya beragam asing, daerah lain ada," ujarnya

Khusus untuk ternaga asing, kata Dianda, saat ini total ada 54 orang. Dari total itu terbanyak berada di perusahaan Sinar Mas Grup yakni PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (LPPPI). Namun, Dianda tidak menyebutkan secara detail perusahaan mana saja yang memiliki tenaga kerja asing selain PT LPPPI.

"Saya lupa mana saja, yang jelas total 54 dan paling banyak di LPPPI," ujarnya.

Dianda memastikan jika tenaga kerja lokal lebih banyak dari pada tenaga kerja asing dan dari daerah lain. "Lokal lebih banyak tentunya" Tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments