Senin, 3 Oktober 2022

Harga Beras di Tanjabbar Alami Kenaikan

Rabu, 21 September 2022 | 14:19:25 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

KUALATUNGKAL - Harga beras di Pasar Tanggorajo, Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) mengalami kenaikan.

Mahdi, salah seorang pedagang mengatakan, kenaikan harga beras sudah berlangsung sejak satu bulan terakhir.

"Sudah sebulan ini naik, dari harga Rp 52 ribu terus naik Rp 60 ribu. Sekarang sudah Rp 67ribu per 5 kilogram. Beras premium merek Kayu Manis dan Udang Ketak," ungkap Mahdi, Rabu (21/9/2022).

Ditambahkan Mahdi, beras biasa atau beras curah juga mengalami kenaikan dari harga biasa. "Sejauh ini belum ada tanda-tanda akan turun," ujarnya.

Dia berharap harga beras tidak terus melonjak naik. Jika terus naik, Mahdi mengatakan akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Seperti beras premium. Sekarang banyak yang beralih membeli hanya 5 kg saja," kata Mahdi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanjabbar, Isumar mengatakan, terkait kenaikan beras itu pihaknya hanya melakukan pemantauan di pasar. Apalagi yang saat ini beras premium yang mengalami kenaikan.

"Yang naik itu beras premium beras lokal tetap harganya," ujarnya.

Dia mencontohkan, beras lokal yang masih tetap harganya yakni beras petani dari Pentani di Senyerang yabg masih pada harga normal. "Kalau beras ini yang digunakan untuk PNS masih di Rp 10.200 saja," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments