Senin, 3 Oktober 2022

Beruang Masuk Pemukiman Warga di Kerinci, Puluhan Ekor Ayam Mati Dimangsa

Kamis, 22 September 2022 | 20:03:32 WIB


/ Metrojambi.com

KERINCI - Warga di wilayah Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, sejak beberapa hari terakhir ini resah dengan masuknya beruang madu ke kawasan pemukiman.

Informasi yang diperoleh Metrojambi.com, beruang madu tersebut telah merusak kandang ayam hingga memangsa sejumlah hewan peliharaan milik warga.

Pantauan di lokasi kejadian yang merupakan kandang ayam milik Khadijah, warga Desa Koto Tengah, terlihat bangkai ayam berserakan di tanah, sementara kandang ayam sebagian juga sudah hancur dan ada berkas cakaran. Setidaknya ada 35 ekor ayam milik Khadijah yang dimangsa.

Dikatakan Khadijah, dirinya baru mengetahui jika ayam petelur miliknya dimangsa beruang saat akan memberi makan pada pagi hari.

"Saat tiba di kandang saya melihat ayam sudah berserakan di tanah dengan kondisi mati," kata Khadijah, Kamis (22/9/2022).

Menurut Khadijah, ayam milik warga lainnya juga ikut dimangsa. "Ini sudah sering terjadi. Kalau yang ini kejadiannya hari Senin dan Selasa kemarin," ujarnya.

Warga lainnya, Jafar, mengatakan sudah sering beruang memangsa ayam petelur di wilayah Desa Koto Tengah dan Desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci.

"Beruang tersebut berpindah-pindah. Usai memangsa ayam petelur lainya, maka keesokannya memangsa ayam petelur wilayah sebelahnya lagi," ujarnya.

Atas kejadian ini, ia bersama dengan peternak ayam petelur lainnya terpaksa melakukan jaga malam dan sempat melakukan pengusiran kedalam hutan dengan membawa anjing buru. "Namun, malah beruang melawan dengan mengejar anjing," ucapnya.

Para peternak ayam petelur juga telah melaporkan ke Kepala Desa agar melaporkan kembali kepada pihak terkait. Sehingga dengan harapan, adanya penanganan dan upaya penangkapan terhadap beruang madu yang telah meresahkan peternak ayam petelur.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments