Senin, 3 Oktober 2022

Sesalkan Tak Ada Saksi Fakta, Penggugat Berharap Hakim Terima Gugatan

Kamis, 22 September 2022 | 21:53:35 WIB


Sidang perkara hubungan industrial di Pengadilan Jambi
Sidang perkara hubungan industrial di Pengadilan Jambi / dok

JAMBI – Tergugat PT Hutan Alam Lestari (HAL) telah menghadirkan 3 orang ahli ke persidangan perkara gugatan hubungan industrial ke persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jambi.

Namun Riski Lionanto, kuasa hukum Husin Gideon selaku penggugat sesalkan tidak adanya saksi fakta yang dihadirkan pihak PT HAL selaku tergugat. Menurutnya, tergugat PT HAL seharusnya tergugat menghadirkan saksi fakta dari pihak perusahaan untuk membuktikan status kliennya.

"Kalau memang dalil-dalil yang dikatakan tergugat ini bahwa penggugat nomor 14 (penggugat Husin) ini adalah direktur atau direksi, harusnya dia bisa membuktikan melalui saksi fakta," kata Riski. Namun sayangnya kata dia, pihak perusahaan tidak mengahadirkan.

Husin sendiri menegaskan bahwa dirinya tidak dilibatkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dalam pengangkatannya sebagai direksi. Kata Husin dirinya cuma disuruh untuk menanda tangani kertas. "Tanda tangan yang menyatakan bahwa saya itu adalah RUPS," ungkapnya.

Oleh karena itu, Husin menanang tergugat jika jabatan yang diembannya sesuai akta yakni karyawan yang mengurus atau berkomunikasi dengan notaris dari PT HAL yang berada di Jakarta.

"Hadirkan pengurus-pengurus dalam akta itu, adanya siapa, direksinya, direktur utama, komisarisnya, hadirkan jadi saksi fakta, hadirkan notaris jadi saksi fakta," tegasnya.

Mengenai keterangan ahli dari PT HAL, Riski mengaku tidak sepakat dengan keterangan mereka. Karena menurut dia, pada kenyataannya kliennya adalah direktur karier. Dia berharap hakim mempertimbangkan kesimpulan berdasarkan fakta persidangan.

"Kami selaku penggugat pasti berharap supaya majelis hakim dapat memutus dengan seobjektif mungkin, melihat keadaan sebenarnya di lapangan seperti apa. Harapan kami gugatan kami dapat diterima," pungkasnya.


Penulis: Ria
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments