Minggu, 27 November 2022

Cuaca Ekstrem, Warga Kerinci dan Sungaipenuh Diminta Waspada

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:29:23 WIB


Banjir di daerah Lubuk Suli, Kabupaten Kerinci, Jumat (17/12/2021)
Banjir di daerah Lubuk Suli, Kabupaten Kerinci, Jumat (17/12/2021) / dokumentasi - Metrojambi.com

 KERINCI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Parbo Kerinci kembali mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Warga diminta berhati-hati terhadap cuaca ekstrem, karena akan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, yang diperkirakan terjadi minggu ini 23-27 Desember, hingga awal tahun tahun 2022.

Kepala BMKG Bandara Depati Parbo Kerinci Kurnianingsih mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap longsor, banjir dan pohon tumbang.

Pengendara mobil maupun sepeda motor juga diminta untuk selalu berhati-hati karena jalanan licin dan waspadai pohon tumbang, serta berkurangnya jarak pandang akibat kabut.

"Masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Air Hangat, Air Hangat Timur, Batang Merangin, Danau Kerinci, Bukit Kerman, Gunung Kerinci, Sitinjau Laut, dan wilayah Kota Sungaipenuh yakni Hamparan Rawang, Koto Baru, Kumun Debai, Pesisir Bukit, Sungai Bungkal, Tanah Kampung dan Sungaipenuh harus mewaspadai cuaca ekstrem ini," ujarnya.

Kurnianingsih memperkirakan kondisi ENSO La Nina akan berlangsung hingga April-Mei-Juni 2022, aktivitas Mon Soon Asia dan Australia masih akan mempengaruhi sebagian besar wilayah Indonesia.

"Hujan secara umum di prediksi dapat terjadi dalam durasi yang cukup lama siang hingga malam hari," sebutnya.

Ia menyebutkan angin dominan berasal dari selatan hingga barat untuk wilayah Indonesia bagian selatan dan barat, hingga barat laut.

"Untuk wilayah bagian utara, diprediksi menunjukkan potensi hujan lebat dalam sepekan dapat terjadi di wilayah Provinsi Jambi, khususnya wilayah Kerinci dan Kota Sungaipenuh," katanya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments