Minggu, 4 Desember 2022

Kunjungan ke Objek Wisata di Jambi Meningkat Hingga 70 Persen Selama Libur Lebaran

Komisi IV DPRD Provinsi : Dinas Pariwisata Perlu Berinovasi

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:49:52 WIB


Obyek Wisata Danau Sipin Jambi
Obyek Wisata Danau Sipin Jambi / Istimewa/wikipedia

JAMBI - Kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Provinsi Jambi mengalami peningkatan pada momen libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kabid Pemasaran Disbudpar Provinsi Jambi Erwin mengatakan, sejumlah destinasi wisata di Provinsi Jambi selama libur Lrbaran tahun ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan. Begitu juga dengan tingkat hunian hotel, juga mengalami peningkatan.

"Untuk data destinasi wisata yang dikelola daerah belum kuta terima. Namun secara umum terjadi peningkatan yang sangat drastis, sekitar 70 persen," kata Erwin, Selasa (17/5).

Adapun objek wisata yang paling ramai dikunjungi saat momen libur lebaran yakni kawasan Candi Muarojambi, Taman Rimba, dan Danau Sipin. "Begitu pun perhotelan, paling banyak terjadi peningkatan dari data sementara ini di Kota Jambi," katanya.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ini juga membuat pemasukan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Jambi. Mengingat dua tahun ini aktivitas pariwisata mati suri sehingga UMKM pun juga terdampak karena Covid-19.

Erwin mengatakan dengan datangnya wisatawan ke lokasi destinasi wisata, ini mendongkrak ekonomi para pelaku UMKM. "Pemulihan ekonomi atas dampak dari destinasi wisata setidaknya bangkit pada libur lebaran ini," ujarnya.

Ditambahkan Erwin, selama libur Lebaran kemarin pihaknya bersama Kepolisian memantau destinasi wisata. Pemantauan tersebut untuk menjaga keamanan di lokasi, baik itu wahana atau pun ketertiban, hingga protokol kesehatan masyarakat di lokasi.

"Seperti Danau Sipin yang kami pantau, kami mengecek semua alat kelengkapan keselamatan, seperti perahu yang digunakan, pelampung, dan prokesnya," kata Erwin.

Sejauh ini dirinya menilai, libur lebaran kali ini tergolong aman. Selain itu juga, Disbudpar Provinsi Jambi saat ini masih menunggu rekapitulasi data dari kabupaten kota untuk memastikan angka pasti peningkatan kunjungan wisatawan di destinasi wisata.
"Nanti datanya akan diupdate lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria mengatakan, pemerintah provinsi Jambi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Jambi harus mempertahankan gairah dari pada sektor pariwisata yang ada. Salah satu caranya dengan berinovasi.

"Untuk sektor pariwisata, kita melihat selama ini belum ada pihak eksekutif yang serius mengelola pariwisata. Karena tidak adanya inovasi baru yang dilakukan," ujarnya.

Harapan Fadli Sudria kedepannya agar pariwisata juga dapat menyentuh sektor ekonomi lokal. "Tentu kita berharap agar dinas pariwisata dapat berinonasi dalam hal meningkatkan pariwisata di Provinsi Jambi," katanya.

Lalu, menurut dia, dengan meningkatnya kunjungan wisata ini tentunya dapat diharapkan pula kedepan agar selalu meningkat. "Dengan itu perlu ditunjang dengan infrastruktur yang memadai pula. Kita tunggu inovasi dari sektor pariwisata dan kita turut memperjuangkan di dalam banggar dalam hal menganggarkan pengembangan pariwisata di 2023 mendatang. Ini semua akses yang perlu dibangun untuk menuju tempat wisata itu sendiri," tutupnya.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments