Minggu, 27 November 2022

Stok Bahan Pokok di Jambi Cukup untuk Empat Bulan

Kamis, 03 Juni 2021 | 11:44:21 WIB


Kepala Perum Bulog Kanwil Jambi Defrizal
Kepala Perum Bulog Kanwil Jambi Defrizal / Antara

JAMBI - Kepala Perum Bulog Kanwil Jambi Defrizal mengatakan stok bahan pangan di gudang Bulog Provinsi Jambi mencukupi untuk persediaan selama empat bulan.

"Stok beras di gudang Bulog yang tersebar di Kota Jambi dan beberapa kantor cabang di wilayah Jambi cukup untuk empat bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Kanwil Jambi Defrizal di Jambi, Rabu.

Saat ini stok beras di Gudang Bulog Jambi berjumlah 8.100 ton. Jika dalam satu bulan diasumsikan permintaan beras sebanyak 2.000 ton, maka stok beras tersebut cukup untuk empat bulan ke depan.

Dijelaskan Defrizal, asumsi permintaan beras berdasarkan permintaan dari operasi pasar yang dilakukan dan ketersediaan cadangan beras pemerintah daerah untuk bencana alam. Dan sesuai dengan tugas dan fungsi pokok Bulog, stok beras yang tersedia di Gudang Bulog Wajib untuk empat bulan.

"Begitu pula untuk bahan pokok yang lain seperti gula, minyak dan tepung cukup untuk empat bulan ke depan," kata Defrizal.

Bahan pokok lainnya seperti gula pasir yang tersedia di Gudang Bulog Jambi yakni sebanyak 123 ton.

Pada tahun 2021, harga gula pasir di daerah itu cukup stabil karena masih berada di bawah harga eceran terendah Rp 12.500 per kilogram. Tidak seperti tahun 2020 yang sempat meningkat mencapai Rp 20 ribu lebih per kilogram nya.

Selanjutnya stok minyak goreng di Gudang Bulog Jambi sebanyak 2.750 liter dan tepung sebanyak lima ton.

"Untuk stok bahan pokok selalu kita putar, jika stok yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan untuk tiga bulan ke depan maka kan kita tambah," kata Defrizal.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara News


comments