Rabu, 29 Maret 2023

Pemecahan Rekor MURI, 10.000 ASN akan Ikuti Parade Berbusana Batik

Rabu, 28 September 2022 | 18:53:41 WIB


Johansyah
Johansyah / Metrojambi.com

JAMBI - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Pemerintah Provinsi Jambi pada 2 September hingga 2 Oktober 2022 akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah pemecahan rekor MURI.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Johansyah mengatakan, pada Kamis (29/9/2022) besok pihaknya akan menggelar parade busana batik dalam rangka pemecahan rekor MURI.

Johansyah yang juga koordinator kegiatan menyebutkan, kegiatan parade busana batik ini akan diikuti 10.000 Aparatur Sipil Negara (ASN)  di seluruh Provinsi Jambi.

"Mereka (ASN, red) wajib mengenakan batik tempel atau ukir, bukan yang printing. Bagi laki-laki juga menggunakan lacak dan perempuan menggunakan tekuluk," kata Johansyah, Rabu (27/9/2022).

Ditambahkan Johansyah, nantinya juga akan ada kegiatan pameran produk batik Jambi yang akan dikuti sekitar 30 pengrajin. "Kemudian ada juga pameran makanan tradisional, standnya di kawasan Pendopo Kantor Gubernur Jambi dan dimulai tanggal 29 besok," ujarnya

Lebih lanjut, Johansyah mengatakan pihaknya juga akan menggelar pasar murah hingga pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat yang belum melakukan vaksin tersebut.

Dikatakannya lagi, nantinya para ASN yang datang ke acara diharapkan untuk dapat membeli pakaian batik yang dipamerkan oleh para pengrajin.

"Sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, jadi tidak hanya melihat-lihat saja, tetapi juga kami minta membeli karena pakaian batik ini kan ada beberapa tingkatan harganya," ungkapnya.

Johansyah mengatakan, parade batik ASN ini akan mengambil star di simpang Bank Indonesia dan akan selesai di Kantor Gubernur Jambi.

"Kita pastikan hal ini akan berkelanjutan, tidak hanya kegiatan seremonial saja, sesuai dengan instruksi gubernur untuk terus melestarikan pakaian batik tradisional Jambi," tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments