Jumat, 27 Januari 2023

Dinas Pendidikan Muarojambi Gelar Pekan Kreativitas Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Selasa, 27 September 2022 | 21:50:49 WIB


/ Metrojambi.com

SENGETI - Dinas Pendidikan Kabupaten Muarojambi pada Selasa (27/9/2022), menggelar pekan kreativitas dan prestasi siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), yang diisi dengan sejumlah perlombaan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muarojambi, Firdaus mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk inovasi dan kreativitas siswa.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada tanggal 27 September sampai dengan tanggal 28 September 2022,” kata Firdaus.

Ditambahkan Firdaus, cabang yang diperlombakan itu ada beberapa, diantaranya keagamaa. Untuk keagamaan ada tiga kegiatan kegiatan, pertama tartil Quran, kedua Syahril Quran dan ketiga kaligrafi.

Untuk kegiatan seni ada dua cabang perlombaan seperti pidato dalam dua bahasa. Untuk kegiatan olahraga ada empat cabang yang diperlombakan, pertama bola voli, kedua bola takraw, ketiga tenis meja dan keempat bola kaki.

Sementara untuk permainan rakyat ada lomba terompah raksasa, balap karung dan petetan atau ketapel.

“Ini untuk memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan,” kata Firdaus.

Sementara itu, Sekda Muarojambi Budhi Hartono mengapresiasi apa yang dilakukan oleh dinas pendidikan Kabupaten Muarojambi.

Menurut dia, pembinaan dan pengembangan olahraga yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi merupakan satu dari empat pilar kebijakan pembangunan Pendidikan Nasional yang meliputi olah hati olah kalbu, olah rasa olah pikir dan olah raga.

Menurut Sekda, olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat menumbuhkan sportivitas persahabatan dan persaudaraan.

Olahraga juga dapat memiliki arti strategis bagi pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

“Pekan kreativitas ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat,” ujarnya.


Penulis: Indra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments