Rabu, 8 Februari 2023

Pemkab Sarolangun Gelar Festival Lomba Lagu Daerah

Dalam Rangka HUT Sarolangun Ke-23

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:59:45 WIB


/ Istimewa

SAROLANGUN - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sarolangun yang ke-23 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

Salah satunya festival lomba lagu daerah Kabupaten Sarolangun khususnya, umumnya lomba lagu daerah Jambi, Sabtu (22/10/2022) di ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun, yang berlangsung dengan penuh rasa gembira.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Sarolangun ibu Harvedrida Henrizal, S.Pd.

Selain itu hadir juga Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser di dampingi Ketua DWP Sarolangun Ibu Dede Friska Endang Naser, Kadis Dikbud Sarolangun Helmi, SH, MH serta para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, dan puluhan para peserta lomba lagu daerah yang sangat antusias.

Kadis Dikbud Sarolangun, Helmi, mengatakan bahwa dalam rangka HUT Kabupaten Sarolangun ke-23 ini memang pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka mengangkat dan melestarikan budaya daerah sesuai dengan tema “Dengan Festival Seni Budaya,Kita Lestarikan Budaya Daerah”.

“Hari ini memang kita awali dengan lomba lagu daerah yang diikuti seluruh OPD dengan harapan dapat membudayakan lagu daerah, selain itu kita ada Lomba fashion pemangsangan tengkukuk, lomba putri muslimah, tari kreasi daerah, dan lomba penampilan dalam bentuk pertunjukan seni teater yang bertemakan adat istiadat ataupun budaya atau cerita rakyat yang diangkat antar kecamatan,” katanya.

Perlombaan festival seni budaya ini, lanjutnya dilaksanakan dari tanggal 22-28 Oktober 2022, yang dilakukan di dua tempat yakni lomba lagu daerah di ruang pola kantor bupati Sarolangun, dan panggung utama Gelora Sport Center Sarolangun.

“Kami berharap di ulang tahun ke-23 Sarolangun ini, kedepan di usia yang sudah menginjak dewasa, seluruh lapisan masyarakat Sarolangun dapat melestarikan budaya adat istiadat kita untuk Sarolangun yang lebih baik dan kuat,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan festival seni budaya dalam rangka upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Sesuai dengan tema HUT Kabupaten Sarolangun ke-23, Bersatu Sarolangun Hebat dan Bertekad lebih kuat, diharapkan dapat menjadikan momentum ini untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat Sarolangun.

“Mari kita jaga budaya daerah, dengan terus memberikan motivasi bagi para generasi muda. Dan saya atas nama pribadi mengucapkan selamat ulang tahun Kabupaten Sarolangun ke-23, bersatu Sarolangun hebat, bertekad lebih kuat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta dari OPD dan TP PKK Sarolangun serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sarolangun melaksanakan lomba lagu daerah yang berlangsung dengan lancar.


Penulis: */ Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments