Minggu, 29 Januari 2023

IDAI Jambi Minta Orang Tua Pahami Dosis Obat Demam Pada Anak

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:28:43 WIB


ilustrasi obat sirup
ilustrasi obat sirup / Istimewa

JAMBI - Sekretaris Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Jambi dr Yoza Franola SpA mengingatkan kepada orang tua untuk memahami dosis obat demam pada anak sebelum memberikan obat penurun panas.

"Sebenarnya konsumsi obat seharusnya berkonsultasi kepada dokter karena hubungan dengan dosis. Sebagian besar dosis berhubungan dengan berat badan. Jadi, untuk paracetamol dosisnya juga berdasarkan berat badan," kata Yoza Franola di Jambi, Minggu.

Dia mencontohkan, tiap 10 miligram (mg) obat digunakan untuk per kilogram berat badan anak. Jika penggunaan satu paracetamol tablet sebesar 500 miligram, maka dapat digunakan seperempat tablet untuk anak dengan berat badan kisaran 12-15 kilogram.

"Namun, jika berat badan anak di bawah itu sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat," kata dokter anak yang berdinas di RSUD Raden Mattaher Jambi ini.

Jika anak demam, kata dia, orang tua dapat memeriksa panas tubuh dengan termometer. Jika suhu tubuh anak di atas normal maka orang tua dapat mengkompres hangat di kening, leher, dan ketiak.

"Utama tetap kompres, minum air putih dan susu yang cukup. Jika keduanya cukup Insya Allah metabolisme dalam tubuhnya bagus," katanya.

Sementara itu, sejak kasus gagal ginjal akut pada anak mencuat, Pemerintah Kota Jambi juga melakukan upaya masif pencegahan kasus gagal ginjal pada anak di daerah tersebut.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengatakan menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Kesehatan RI yang melarang pemberian obat sirup pada anak, Pemkot Jambi telah mengambil kebijakan kepada seluruh puskesmas, rumah sakit, dan apotek tidak boleh memberikan obat sirup pada anak.

"Begitu juga orang tua jangan beli obat sendiri, selagi masih ada alternatif obat selain sirup misalnya paracetamol tablet ditumbuk dan diberi air lalu berikan kepada anak," katanya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments