Selasa, 7 Februari 2023

Kemenkopolhukam Gelar Rembuk Gerakan Indonesia Tertib di Jambi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:50:46 WIB


Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melalui Deputi V Bidkor Kamtibmas menggelar rembuk Gerakan Indonesia Tertib di Provinsi Jambi.
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melalui Deputi V Bidkor Kamtibmas menggelar rembuk Gerakan Indonesia Tertib di Provinsi Jambi. / Istimewa

JAMBI - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melalui Deputi V Bidkor Kamtibmas menggelar rembuk Gerakan Indonesia Tertib di Provinsi Jambi.

Kegiatan yang digelar di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Kamis (27/10/2022), dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenkopolhukam, Brigjen Pol. Hadi Gunawan.

Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenkopolhukam Irjen Armed Wijaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Hadi Gunawan mengatakan, Gerakan Indonesia Tertib (GIT) diperlukan untuk menjawab tantangan dan permasalahan guna memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia dengan melaksanakan revolusi mental yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

"Gerakan Indonesia Tertib ini tidak hanya dengan penyusunan aturan-aturan saja, itu tidak akan cukup. Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah perlu melakukan semua upaya dan inovasi untuk menghasilkan penyediaan pelayanan publik yang lebih transparan, tertib, dan pasti," katanya.

Ditambahkannya, pemerintah juga harus melakukan perbaikan fasilitas dan budaya pelayanan yang lebih baik, sinergitas program dan kebijakan pemerintah, serta pembangunan infrastruktur yang lebih merata dan berkesinambungan.

"Dengan demikian, kesadaran untuk tertib yang diusung oleh GIT akan terbangun dan terbumikan secara sendirinya di masyarakat," ujarnya.

Hal ini tentunya di lapangan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Masih banyak yang mesti di rintis dan tingkatkan secara bersama guna terlaksananya tujuan ini.

Karena itu, kata Hadi, juga penting bagi aparat untuk dapat mengerti dan memaknai secara mendalam, yang diiringi dengan komunikasi dan contoh yang baik serta didukung oleh semua pihak sehingga GIT dapat terimplementasikan sebaik-baiknya.

"Kita semua harus berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan kesatuan bangsa, kemandirian, dan menjadi abdi negara yang baik dengan menunaikan semua amanah tugas yang di berikan secara tulus dan ikhlas," tandasnya.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Jambi Apani mengatakan, Gerakan Indonesia Tertib ini merupakan momentum lebih menyemangatkan kita kepada semua anak bangsa dan elemen bangsa, organisasi yang ada di Jambi dan Indonesia untuk bisa bersama menggerakkan Indonesia tertib

"Kami harapkan untuk dapat bersama Asama mengikuti kegiatan ini, sehingga bermanfaat untuk kemajuan daerah," ujarnya singkat.

Dalam kegiatan rembuk Gerakan Indonesia Tertib ini juga menghadirkan narasumber untuk berdiskusi yang diikuti berbagai elemen masyarakat di Provinsi Jambi.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments