Selasa, 7 Februari 2023

Warga Desa Sungai Baung Tangkap Buaya di Tepi Sungai Batanghari

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:23:10 WIB


Seorang pria mengangkat seekor buaya yang ditangkap di Sungai Baung Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi, Rabu tengah malam.
Seorang pria mengangkat seekor buaya yang ditangkap di Sungai Baung Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi, Rabu tengah malam. / (ANTARA/HO/Riski)

JAMBI - Warga Desa Sungaibaung, Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari, Jambi menangkap seekor buaya di pinggir aliran Sungai Batanghari yang tengah meluap.

"Ya, buaya itu tadi malam ditangkap sekitar pukul 24.00 WIB atau menjelang Kamis dinihari oleh warga," kata Kades Desa Sungaibaung, M Ridwan, Kamis(27/10).

Menurutnya, buaya tersebut ditemukan pertama kali oleh warga bernama Fahri (67) yang saat itu sedang berada di salah satu ketek atau perahu miliknya. Ukuran panjang buaya itu sekitar 1,5 meter atau masih berukuran kecil.

Setelah berhasil ditangkap buaya itu diamankan oleh warga sekitar dengan cara diikat pada bagian mulut dan badannya.

"Buaya tersebut sempat dijadikan tontonan warga sekitar yang penasaran dengan hewan aligator itu," ujarnya

Untuk penemuan buaya di daerah itu merupakan pertama kalinya terjadi dan dikhawatirkan masih banyak buaya berukuran lain yang berkeliaran di sepanjang sungai Batanghari tersebut.

Warga sudah mengontak pemerintah maupun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDA) untuk datang ke lokasi penemuan buaya, untuk dilakukan pengamanan terhadap hewan aligator itu.

Kades Sungai Baung Ridwan memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar menjaga anak-anaknya untuk tidak bermain di pinggir Sungai Batanghari.

Selain itu debit Sungai Batanghari dalam beberapa hari terakhir meningkat.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments