Selasa, 7 Februari 2023

Kades Terpilih Dilantik per Kecamatan

Kamis, 10 November 2022 | 10:53:27 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

MUARASABAK – Sebanyak 45 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) tahun 2022 akan segera dilantik. Namun pelantikan nantinya tidak digelar serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjabtim, Mariontoni mengatakan, pihaknya menjadwalkan pelantikan pada Jumat dan Sabtu, 23-24 Desember mendatang. Nantinya, kata Mariontoni, pelantikan tidak digelar serentak, melainkan per kecamatan.

Dikatakannya lagi, sejumlah persiapan talah dilaksanakan. Mariontoni menyebutkan, pihaknya juga telah memanggil para kades terpilih untuk mempersiapkan pakaian serta atribut pelantikan.

“Jauh-jauh hari sudah kita minta untuk mempersiapkan segala perlengkapannya. Nanti kalau mepet dengan waktu pelantikan, takutnya para kades terpilih ini akan kesulitan mencari atribut,” kata Mariontoni, Kamis (10/11).

Untuk teknis pelantikan, Mariontoni mengatakan nantinya bupati, wakil bupati, dan sekretaris daerah (sekda) akan turun langsung ke kecamatan untuk melantik para kades terpilih. Dikatakannya, pembagian wilayah sudah ditentukan, dimana nanti bupati, wakil bupati, dan sekda tingga datang untuk melakukan pelantikan.

“Intinya pelantikan diselesaikan selama Dua hari sesuai dengan masa jabatan Kepala Desa yang lama, jadi tidak ada kekosongan jabatan setelah Pilkades,” terangnya.

Lebih lanjut, Mariontoni berharap pelantikan 45 kades terpilih nantinya dapat berjalan tanpa ada kendala dan hambatan. Ia juga mengharapkan kades terpilih nantinya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Jangan ada yang menyimpang dari ketentuan dan aturan yang berlaku, sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments