Rabu, 8 Februari 2023

Sebanyak 500 Rumah Terendam Bajir di Kota Jambi

Senin, 14 November 2022 | 07:13:19 WIB


/ dok/metrojambi.com

JAMBI - Hujan yang mengguyur Kota Jambi sepanjang Minggu (13/11/2022) merendam ratusan rumah. Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang Kota Jambi mencatat banjir terjadi di alur Sungai Asam, Tembuku, Kenalibesar dan Kenali Kecil.

“Jumlah rumah warga yang terendam akibat banjir sekitar 500 rumah. Kalau yang diungsikan belum ada,” ujar Kabid Perairan Dinas PUPRD Kota Jambi Yunius, Minggu malam.

Baca versi cetaknya disini

Dia mengatakan, dari kawasan-kawasan langganan banjir tersebut, untuk jalur Tembuku tidak terlalu besar.

Di antara titik banjir di Kota Jambi adalah kawasan sekitar Kantor BPK Jambi dan Dealer Honda/Daihatsu, Widuri, Makalam, dan Lebak Bandung.

Untuk mengatasi banjir tersebut, pihaknya mengefektifkan sistem pompa dan pintu air. Cara kerjanya, beber dia, tim memompa genangan air di daratan ke Sungai Batanghari.

Hanya saja, kata dia, operasional pekerjaan ini memakan cukup banyak BBM solar. “Solar hari ini cukup susah didapatkan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi Feriyadi menyatakan sejauh ini belum ada warga yang diungsikan. “Belum ada permintaan evakuasi penyelamatan warga,” ujarnya.

Dari Muarabungo dilaporkan, Pjs Kepala BPBD Kesbangpol Bungo Sri Asli juga meminta masyarakat mewaspadai banjir. Dia menyebutkan, selama musim hujan tahun ini pihaknya mencatat sudah 200 rumah warga terendam banjir.

“Yang sudah terkena banjir itu Dusun Leban, Kecamatan Rantaupandan. Kedalaman mencapai 2 meter, tapi banjirnya hanya sebentar karena arus sungai cukup deras," ujarnya.

BPBD telah mengirimkan bantuan perahu karet untuk bersiaga di Dusun Leban. Jika terjadi banjir susulan, masyarakat bisa dievakuasi dengan perahu tersebut.

“Prediksi BMKG, hujan lebat mulai pertengahan November hingga Desember,” tambah Sri.


Penulis: Nita Priyanti/Khairul Fahmi
Editor: Joni Rizal



comments