Rabu, 8 Februari 2023

Kepolisian Minta Pemprov Jambi Koordinir Perusahaan Tambang Bantu Perbaikan Jalan

Selasa, 15 November 2022 | 18:58:54 WIB


/

JAMBI - Kepolisian bersama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya hingga saat ini terus berupaya mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan terkait angkutan batubara di Jambi.

Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi mengatakan, hingga saat ini masih terdapat kerusakan pada ruas jalan yang biasa dilintasi angkutan batubara, dan tidak jarang menimbulkan kemacetan.

Terkait perbaikan jalan yang rusak tersebut, Dhafi mengatakan pihaknya mendorong agar Pemprov Jambi dalam membantu dari segi pendanaan, karena Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jambi sudah tidak memiliki anggaran.

Ditambahkan Dhafi, ia juga telah menyampaikan kepada ketua DPRD Provinsi Jambi agar bisa mendorong Pemprov untuk mengkoordinir dan melibatkan perusahaan-perusahaan tambang untuk membantu memperbaiki kerusakan jalan.

"Kalau jalan rusak parah maka tidak bisa dilintasi dan menimbulkan kemacetan luar biasa," kata Dhafi.

Lebih lanjut, Dhafi mengatakan jika kemacetan luar biasa maka terpaksa aktivitas angkutan batubara akan dihentikan, khususnya yang dari arah Muaratembesi, Kabupaten Batanghari, yang sering menjadi lokasi kemacetan akibat jalan rusak.

Sedangkan untuk rute yang tidak melintasi jalan rusak dan tidak menyebabkan terjadinya kemacetan, tetap boleh beroperasi.
 
"Ini kita lakukan untuk mendorong Pemerintah Provinsi agar sama-sama memikirkan solusi jalan rusak meskipun itu merupakan jalan nasional," kata Dhafi.

Lebih lanjut, Dhafi mengatakan untuk solusi lain adalah berkoordinasi dengan pihak-pihak perusahaan jika ada jalan alternatif lain dari perusahaan tambang itu sendiri.

"Kita juga minta Dinas Perhubungan untuk sama-sama mencari solusi, bukan hanya kepolisian saja," ujarnya.

Dhafi menyebutkan jika Polda Jambi dan jajaran telah bekerja penuh mengatasi kemacetan yang kerap terjadi, hingga dilakukan buka tutup jalan selama 30 menit khususnya di Tembesi agar tidak terjadi kemacetan pada saat truk batu bara melintas.

"Intinya kita dorong pemprov cari solusi agar jalan rusak bisa jadi baik," pungkasnya.


Penulis: Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments