Sabtu, 4 Februari 2023

Anggota DPRD Jambi Apresiasi Ganti Untung Pembangunan Tol Trans Sumatera

Rabu, 16 November 2022 | 08:36:06 WIB


Kemas Alfarabi
Kemas Alfarabi / Istimewa

JAMBI - Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi menyambut gembira penyerahan ganti untung kepada warga yang terdampak pembangunan jalan tol Betung-Tempino di Aesa Sungailandai, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.

Sebagaimana diberitakan, ganti untung bagi 52 warga itu telah diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jambi Al Haris.

"Kita ketahui saat ini PT. Waskita sedang dalam proses penyelesaian konstruksi tol Kayuagung-Palembang-Betung sepanjang 112 KM yang dijadwalkan bulan Agustus 2023 diresmikan," kata Kemas, Rabu (16/11/2022).

Baca juga : Al Haris Serahkan Ganti Untung Jalan Tol Trans Sumatera

Saat ini, kata Kemas, berada di konstruksi di Desa Sembawa sekira pertengahan dari proyek tol Betung, dan diperkirakan tol Betung-Tempino dapat diselesaikan pda bulan agustus 2024. "Atau dua bulan sebelum jadwal pelantikan presiden RI mendatang," ujarnya.

Kemas Alfarabi juga mengapresiasi kerjasama semua pihak terkait, terutama kesadaran masyarakat yang tidak menghambat keseluruhan proses terwujudnya jalan tol yang merupakan impian masyarakat Jambi sejak dicanangkannya Tol JTTS sejak tahun 2014 yang lalu.

Ia menyebutkan, penantian hingga sampai ketitik saat ini cukup lama ditambah hampir dua tahun lebih kita menghadapi wabah Covid-19 yang menyita anggaran dan konsentrasi bahkan sempat dikhawatirkan menghambat realisasi JTSS.

"Alhamdulillah jika kita runut dari awal mulai dari proses studi pendahuluan, pra studi kelayakan dan studi kelayakan, konsultan perencanaan melakukan survey lahan, desain, survey trase hingga sosialisasi kepada warga, inventarisasi dan penetapan patresal dan kemarin dilakukan pembayaran ganti untung secara bertahap mengingat kelengkapan berkas," katanya.

Setelah pembersihan lahan persiapan konstruksi diadakan groundbreaking dan dimulai pengerjaan konstruksi jalan tol kemudian uji laik jalan dan uji fungsi jalan, terakhir peresmian yang dilakukan oleh presiden RI.

Putra mantan Rektor Universitas Jambi itu optimis dengan beroperasi nya tol Betung-Tempino, yang notabene mempersingkat jarak tempuh Jambi-Bakauheni berkisar 7-8 jam, maka dipastikan sentra ekonomi baru Provinsi Jambi akan tumbuh.

"Konektivitas juga meningkatkan arus barang, jasa dan perekonomian Jambi akan menggeliat karena kemudahan akses transportasi dari JTSS ini," pungkasnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments