Selasa, 7 Februari 2023

BWSS VI Lakukan Pembersihan di Areal longsor Taman Wisata Danau Sipin

Kamis, 17 November 2022 | 11:50:11 WIB


Kejadian longsor di tebing pinggiran objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi
Kejadian longsor di tebing pinggiran objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi / Istimewa

JAMBI - Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI bergerak cepat menindaklanjuti kejadian longsor di tebing pinggiran objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi yang terjadi pada Jumat (11/11/2022) lalu. Tim dari BWSS VI telah melakukan pembersihan di sekitar areal longsor.

“Setelah pembersihan areal selama lebih kurang 7 hari, kita akan memasang ponjong dan trap-trap untuk pengamanan sementara dan dibantu menggunakan alat dari Dinas pu,” kata Rahadian, Pengelola Sumber Daya Air BWSS VI Kementerian PUPR, Kamis.

Ditambahkan Rahadian, bahwa kedalaman longsor ini berkisar 10 sampai dengan 15 meter. Untuk proses total pengamanan tebing sendiri, membutukan waktu yang cukup lama.

“Untuk total proses semuanya bisa makan waktu dua sampai tiga bulan, kami juga akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk kemungkinan rembes lanjutan ya, tapi akan kita lakukan survey untuk memastikan,” ujarnya.

Areal longsor yang terjadi rupanya masih masuk ke kawasan wisata Danau Sipin sehingga merupakan tugas dan kewenangan BWSS VI Sumatera untuk melakukan perawatan. Kejadian longsor ini sendiri merupakan yang pertama terjadi di areal tersebut.

“Untuk ketinggian muka air sekarang ini sekitar 13,55 dan kemungkinan masih akan terus meningkat sesuai dengan peringatan dari BMKG,” tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments