Rabu, 8 Februari 2023

Jangan Mencela Hujan, Inilah Hikmah Ketika Hujan Diturunkan

Jumat, 18 November 2022 | 14:11:23 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SAAT ini kita sedang menghadapi musim hujan, bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia sedang mengalami hujan. Jangan pernah mencela hujan, karena hujan merupakan karunia dari Allah dan tentunya ada hikmah ketika hujan diturunkan.

Misalkan bagi petani hujan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu, karena dengan air hujan yang cukup maka sawah dan ladang mereka akan tersirami tanpa harus disirami secara manual. Jika musim kemarau terkadang hampir berbulan-bulan merasakan kesulitan air dan mengalami kekeringan. Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Quran surat Qaf disebutkan, bahwa hujan merupakan air yang diturunkan dari langit dan penuh keberkahan.

“Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen.” (QS. Qaf: 9)

Allah Ta’ala juga berfirman dalam Al Qur’an bahwa hujan yang turun ke bumi sebagai rahmat yang diperlukan untuk seluruh makhluk.

 “Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji.” (QS. Asy-Syura: 28).

Hujan memang bisa membawa berkah, namun ia juga bisa mendatangkan bencana. Agar terjauh dari bencana dan petaka dari hujan dan cuaca buruk serta selalu mendapat berkah darinya, ada baiknya umat Islam memanjatkan doa seperti Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Selanjutnya, saat terjadi hujan deras dan angin kencang, kita dianjurkan untuk tidak mencelanya, dan berharap kepada Allah agar tidak menjadi bencana. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.”

Lalu, ketika hujan turun, Rasulullah berdoa: “Allahumma sayyiban nafi’an” (Ya Allah, turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kegembiraan.)

Kemudian ada hal yang harus kita ketahui bahwa pada saat hujan adalah salah satu waktu yang pas untuk kita berdoa kepada Allah. Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan bahwa, Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.”

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika saat hujan turun, kita sebagai orang muslim memanjatkan doa sebagai ungkapan syukur dan juga rasa nikmat kita kepada Yang Maha Kuasa. Wallahu a’lam bishowab.


Penulis: */shabirin
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: https://www.daaruttauhiid.org/jangan-mencela-hujan-inilah-hikmah-ketika-hujan-diturunkan/


comments