Minggu, 5 Februari 2023

Kemenkumham Tambah Satu Kantor Imigrasi di Provinsi Jambi

Senin, 21 November 2022 | 13:30:21 WIB


Kakanwil Kemenkumham Jambi, Tholib pakai batik kuning saat pertemuan dengan para pimpinan dan awak media.
Kakanwil Kemenkumham Jambi, Tholib pakai batik kuning saat pertemuan dengan para pimpinan dan awak media. / ANTARA / Nanang Mairiadi

JAMBI - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jambi menambah satu kantor imigrasi di Kabupaten Bungo untuk mendekatkan pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat di daerah itu.

"Kita sudah mensurvei lokasi di Kabupaten Bungo untuk membangun kantor imigrasi di sana guna pelayanan pembuatan paspor sehingga masyarakat yang akan mengurus  paspor tidak perlu lagi ke Kota Jambi," kata Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Tholib, Senin.

Selain melayani pembuatan paspor di Provinsi wilayah barat, juga bisa dimanfaatkan oleh warga Provinsi Sumatera Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Bungo, salah satunya Kabupaten Dharmasraya.

Saat ini di Provinsi Jambi telah adai tiga kantor imigrasi untuk pelayanan pembuatan paspor yakni di Kota Jambi, Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Kerinci.

Kanwil Kemenkumham saat ini gencar mensosialisasikan program Kemenkumham seperti pelayanan pengurusan paspor masuk desa yang mendapat sambutan. Salah satunya digelar di Desa Kumpeh, Kabupaten Muarojambi untuk pembuatan paspor umroh dengan sistem jemput bola.

Kakanwil kemenkumham Jambi menyebutkan untuk mensukseskan program kerja,  Kanwil Kemenkumham Jambi  bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan media. Ia berharap media bisa memberikan informasi penting serta menghadirkan solusi atas kendala  di lapangan.

Khusus pembuatan paspor, minat masyarakat Jambi cukup tinggi. Terlebih dengan dibukanya kembali perjalanan haji dan umroh ke tanah suci Mekah.

"Dampak ke masyarakat yang ingin umroh umroh tinggi, Mereka ingin memuat pospor di daerahnya masing-masing," kata Tholib.

Ke depan,  dengan adanya empat kantor imigrasi di Provinsi Jambi, akan mempermudah tugas pengawasan orang asing di daerah karena banyak perusahaan besar yang menggunakan tenaga kerja asing.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments