Minggu, 5 Februari 2023

Soal Penghentian Angkutan Batubara dari Batanghari, Gubernur: Jangan Sampai 3 Minggu

Selasa, 29 November 2022 | 06:28:16 WIB


/

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris meminta penghentian angkutan batubara dari sejumlah mulut tambang di Batanghari tidak lebih dari tiga pekan. Dia berharap perbaikan sejumlah ruas jalan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional IV Jambi diselesaikan lebih cepat.

Baca juga : Macet Batubara Kini 28 Jam; “Jangankan Kerjo, Ngantar Anak Sekolah pun Tidak Biso”

Hal itu disampaikan Al Haris dalam rapat penanganan angkutan batubara yang dihadiri oleh pejabat BPJN Jambi, Ditlantas Polda Jambi, Dinas Perhubungan dan sejumlah instansi terkait lainnya pada Minggu (27/11/2022) malam lalu.

BPJN melaporkan sedang memperbaiki sejumlah ruas jalan dan memerlukan penghentian angkutan batubara. Di antaranya ruas jalan di Sridadi, Batanghari.  “Untuk itu, sementara kita stop angkutan batubara di sana,” ujar Haris, Senin (28/11/2022).

Hanya saja, BPJN melaporkan bahwa mereka memerlukan waktu sekitar tiga pekan untuk menuntaskan perbaikan tersebut. “Jika ini dilakukan, maka akan sangat berdampak pada ekonomi kita,” tambah Haris.

Menurut Al Haris, pertambangan adalah sektor terbesar kedua penyumbang devisa Jambi. Karena itu dia berharap usaha-usaha di sektor pertambangan ini terus berjalan seiring dengan perbaikan jalan.

Forum rapat lalu menyepakati untuk menurunkan tim terpadu menangani lalu lintas di Batanghari. Tim terdiri dari personel TNI/Korem sebanyak 20 orang, personel Ditlantas 30 orang, satpol PP 20 orang, dan petugas Dishub 20 orang.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Joni Rizal



comments