Minggu, 29 Januari 2023

Penyebab Bumil Sering Sembelit dan Solusinya

Rabu, 30 November 2022 | 14:31:12 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa/pixabay

JAKARTA - Sembelit atau konstipasi umum terjadi pada para ibu hamil. Menurut The Department of Health seperti dilaporkan Women's Health, setidaknya satu dari empat perempuan hamil mengalami konstipasi.

Peningkatan hormon progesteron selama masa kehamilan mengakibatkan terjadinya relaksasi otot-otot tubuh, termasuk usus. Hal tersebut akan menyebabkan usus bergerak lebih lambat yang akhirnya berujung pada melambatnya pencernaan juga sehingga sering terjadi sembelit.

Menurut siaran pers Fruit 18 for Adult pada Rabu, sembelit pada ibu hamil juga terjadi karena kondisi rahim yang membesar, faktor gaya hidup, selain peningkatan hormon progesteron. Hal itu membuat otot-otot dinding perut menjadi longgar dan memperlambat proses pencernaan makanan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit ketika hamil, di antaranya adalah minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah serta rutin olahraga.

Selain itu, cara mengobati sembelit yang manjur juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat sembelit atau obat pencahar. Namun obat pencahar tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan perut mules atau melilit.

Selain itu, sering mengonsumsi obat pencahar bagi ibu hamil antara lain dehidrasi, diare, mules berulang dan berkurangnya keseimbangan kadar mineral dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Begitu juga kondisi kesehatan bayi juga akan terkena efeknya.

Meskipun sudah menjalankan pola hidup sehat, tapi sembelit masih sering terjadi pada ibu hamil. Hal yang harus selalu dilakukan adalah minum air putih yang cukup, memilih asupan nutrisi yang sehat, khususnya dari bahan alami seperti buah dan sayur. Bukan hanya untuk kesehatan ibu, tapi juga untuk bayi yang sedang dikandung.

Cara mengonsumsi buah bisa dimakan langsung atau dibuat minuman jus atau smoothie, sedangkan sayuran bisa dibuat olahan masakan sehat.

Kapsul suplemen Fruit Adult 18 for Adult bisa menjadi solusi sembelit bagi para ibu hamil. Setiap kapsul Fruit 18 for Adult mengandung 450 mg ekstrak buah persik, buah cranberi, buah mangga, buah pear, buah peach, buah pepaya, apricot, strawberry, rasberi, pisang, jeruk, apel, anggur, cherry, dan limau.

Ada juga serat buah alami yaitu serat apel, serat jeruk, dan serat kurma. Fruit 18 for Adult juga mengandung campuran ekstrak kacang cola, ekstrak teh hijau, umbi turmerik, dan daun peppermint. tentu di dalam setiap kapsul terdapat kandungan vitamin c, mineral, kalsium, dan probiotik.

Kandungan 18 macam buah dalam 1 kapsul Fruit 18 for Adult diklaim efektif dan aman untuk membantu melancarkan buang air besar, serta mengatasi sembelit atau susah BAB untuk wanita hamil. Tentunya setiap nutrisi yang ada tersebut baik bagi ibu hamil dan menyusui, serta aman untuk kesehatan bayi.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments