Minggu, 29 Januari 2023

Ratusan Mahasiswa Jambi Antusias Ikuti Kuliah Umum Tentang Hulu Migas

Rabu, 07 September 2022 | 16:52:00 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Untuk memberikan wawasan tambahan kepada mahasiswa dan mahasiswi di Jambi, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan kuliah umum di Universitas Jambi (UNJA), yang bertemakan "Hulu Migas Hadir Untuk Negeri", Rabu (7/9/2022).

Pantauan Metro Jambi di lokasi, ratusan mahasiwa dan mahasiswi dari seluruh universitas yang ada di Jambi tampak antusias mengikuti kegiatan kuliah umum tersebut, diantaranya dari UNJA, UIN, STMIK Nurdin Hamzah, UNBARI dan Universitas lainnya.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan Anggono Mahendrawan dalam sambutannya mengatakan pentingnya edukasi dan pengenalan mengenai hulu migas kepada mahasiswa dan mahasiswi sebagai generasi penerus bangsa.

Dikatakannya, pengenalan hulu migas ini akan dijadikan kegiatan rutin, agar adanya pemahaman yang memadai mengenai industri hulu migas terhadap masyarakat, terutama mahasiswa dan mahasiswi.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat melancarkan operasi hulu migas diseluruh daerah khususnya di Provinsi Jambi.

"Kami juga ingin menumbuhkan semangat kepada mahasiswa mahasiswi selaku generasi muda penerus bangsa. Akan keingin tahuan industri hulu migas dan efek berganda kegiatan dari hulu migas di Indonesia," katanya.

Kuliah umum ini diharapkan menjadi momen penting untuk mengenalkan hulu migas kepada masyarakat khususnya kepada mahasiwa dan mahasiswi. Karena mahasiswa dan mahasiswi yang dia harapkan menjadi aset kebanggaan Indonesia di masa yang akan datang.

"Kami berharap agar seluruh perserta dapat mengikuti dengan sebaik baiknya dan memanfaatkan kegiatan ini untuk berinteraksi atas materi yang nantinya akan disampaikan narasumber," harapnya.

Anggono berharap dengan adanya kuliah umum ini dalat menambah wawasan lebih luas dan memahami bagaimana kegiatan di hulu migas.

"Data yang kami terima ada sebanyak 500 lebih mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti kuliah umum. Ini menunjukkan betapa tingginya minat keingintahuan tentang industri hulu migas. Dan betapa tingginya minat belajar di diri mahasiswa dan mahasiswi masing masing," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Unja Bidang Mahasiswa dan Alumni Teja Kaswari dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakan kuliah umum ini adalah untuk memberikan informasi secara langsung terkait hulu migas kepada mahasiswa dan mahasiswi.

"Bagaimana minyak itu di eksplorasi, dan bagaimana minyak dan gas itu didapatkan, bisnisnya seperti apa, dan dimana kalian (mahasiswa) berperan, ini yang paling penting," katanya.  

Dia berharap agar mahasiswa mengikuti kuliah umum ini hingga selesai, dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dan mahasiswi terkait hulu migas.

"Ikuti kuliah umum ini dengan serius agar kita dapat memperluas wawasan kita mengenai hulu migas," tutupnya.

Sementara itu, salah satu mahasiwa Unja Gita mengatakan dia sangat senang mengikuti kuliah umum ini, dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan terus menerus, supaya dapat mengetahui lebih dalam tentang hulu migas.

"Saya sangat senang dengan kuliah umum ini, jadi lebih tahu soal minyak dan gas di Jambi. Semoga ke depan, saya bisa bergabung menjadi bagian dari SKK Migas," katanya.

Untuk diketahui, sebagai pemateri pada kuliah umum ini yaitu Sampe L Purba selaku staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, M Yuda Ramdhani sebagai CST Spesialist KKKS PetroChina International Jabung Ltd, Febry Sudyatmo selaku Asst Manajer HCPB zona 1 KKKS Pertamina Hulu Rokan,  dan terakhir yaitu Andi Lowrens selaku Field Productiont KKKS Seleraya Merangin Dua. 


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments