Minggu, 5 Februari 2023

Tak Bisa Tunjukkan Dokumen, Polisi Amankan Truk Tangki PT Jambi Tulo Pratama Bermuatan Solar

Kamis, 01 Desember 2022 | 09:42:48 WIB


Anggota Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi saat mengamankan truk tangki milik PT Jambi Tulo Pratama
Anggota Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi saat mengamankan truk tangki milik PT Jambi Tulo Pratama / Metrojambi.com/ist

JAMBI - Anggota Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi pada Senin (28/11/2022), mengamankan satu unit truk tangki warna hijau kombinasi kapasitas 20.000 liter.

Saat diamankan, truk yang di tangkinya bertuliskan PT Jambi Tulo Pratama itu diduga tengah mengangkut solar olahan dan akan melakukan bunker.

Penangkapan ini dipimpin langsung Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi Kompol Arief Ardiansyah Prastiyo dan tim di Jalan Lintas Talangduku, Kecamatan Tamanrajo, Kabupaten Muarojambi.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, awalnya diperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya kegiatan bunker BBM yang diduga solar olahan dengan menggunakan truk tangki di wilayah Pelabuhan Talangduku.

"Berdasarkan informasi itu, personel Subdit IV Ditreskrimsus langsung menuju lokasi dan berhasil mengamankan satu unit truk yang diduga akan bongkar muatan berupa solar olahan ke kapal tugboat," kata Mulia, Kamis (1/12).

Setelah kapal bersandar, tim menemui dan menanyakan dokumen pengisian BBM yang dilakukan kepada kapten kapal dan kepala kamar mesin kapal, namun mereka tidak dapat menunjukkannya.

Terkait kasua ini, petugas kepolisian mengamankan lima orang dengan inisial KU (Sopir Truk), AW (Kernet Truk) , SU (Kapten Kapal), AS (Kepala Kamar Mesin Kapal), dan OK (Penghubung) antara penyewa kapal dan pemilik BBM.

Selain itu, juga diamankan truk tangki merk Hino warna hijau kombinasi nopol B 9240 UFU yang bertuliskan PT. JTP  yang memuat BBM jenis solar yang diduga solar olahan sebanyak lebih kurang 20.000 liter, Kapal Tugboat bernama LP 02, Delivery Order dari PT. JTP ke kapal L dan bukti percakapan antara OK dengan SU.

"Saat ini sopir truk, kernet, kapten kapal, dan KKM kapal beserta barang bukti diamankan di Mapolda Jambi guna pemeriksaan lebih lanjut,"  ujar Mulia.


Penulis: Ichsan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments