Jumat, 27 Januari 2023

Rp 2 Miliar Anggaran Penanganan Inflasi Sarolangun Dikucurkan Minggu Ini

Kamis, 01 Desember 2022 | 11:03:49 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun diketahui telah menganggarkan dana Rp 4,4 miliar untuk penanganan dampak inflasi di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sarolangun Endang Abdul Nasir mengatakan, penggunaan dana tersebut akan dilakukan mulai minggu ini.

“Kemarin kita sudah rapat dengan Mendagri, memang yang 4,4 miliar sudah kita anggarkan belum terealisasi. Dalam minggu ini sudah ada yang terealisasi terutama yang dari transportasi,” katanya, Kamis (1/12).

Selain untuk mensubsidi dana transportasi penanganan inflasi, pihaknya juga akan mengucurkan anggaran untuk menggaji para da’i termasuk para guru di pesantren.

“Honor untuk dai dan guru pesantren tinggal realisasi di keuangan. Ada juga dari TPHP untuk ketahanan pangan cabai,” ujarnya.

Untuk pemberian bantuan honor kepada para guru ngaji dan marbot di Sarolangun, dijelaskan Endang pihaknya masih melakukan kajian.

“Kendalanya kita kemarin khusus untuk pemberian ke guru ngaji dan marbot kita terkendala yang dari provinsi,” ungkapnya.

“Karena mereka menyerahkan juga, sehingga tumburan dan kita takut double sehingga kita verifikasi,” tambahnya.

Endang membeberkan, dalam penyerapan dana inflasi nanti kemungkinan besar akan terserap hingga dua milyar untuk disalurkan kemasing-masing kegunaan tersebut.

“Ini lambatnya di verifikasi aja, Insyaallah dari 4,4 miliar itu 2 miliar terealisasi,” tutupnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments