Sabtu, 4 Februari 2023

RSUD Raden Mattaher Jambi Siap Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19

Jumat, 02 Desember 2022 | 18:33:02 WIB


Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Anto Trihartono
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Anto Trihartono / ANTARA/Nanang Mairiadi

JAMBI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi telah mempersiapkan ruangan untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus pasien Covid-19 di daerah itu.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Anton Trihartono, Jumat, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus pasien Covid-19 jika pada akhir dan awal tahun mendatang terjadi lonjakan kasus Covid-19 karena libur Natal dan Tahun Baru.

Sejalan dengan arah Kemenkes pada masa libur Natal dan Tahun Baru serta Lebaran mendatang diprediksi ada lonjakan kasus Covid-19 sehingga seluruh rumah sakit harus menyiapkan antisipasi penanganan.

“Ada satu ruangan yang untuk standar ICU untuk pasien Covid-19 dan juga kita sudah siap tenaga kesehatan serta sudah di SK-kan dan kita sudah siapkan juga APD masker wajah hazmat gitu bahkan sampai untuk kamar operasi apabila pasien yang membutuhkan operasi itu kita siap,” kata dia.

Ia menyebut saat sedikitnya 30 tempat tidur disiapkan RSUD setempat untuk pasien Covid-19. Namun, pihaknya bisa menambah kapasitas tempat tidur dan ruangan lainnya hingga 100 pasien.

Data yang masuk RSUD Raden Mattaher Jambi, kasus pasien Covid-19 dalam tiga bulan terakhir cenderung meningkat tetapi masih dalam ketentuan bisa diatasi.

Pasien Covid-19 yang masih dirawat di ruang isolasi 12 orang dengan kondisi stabil dan satu pasien komorbid sakit jantung dan paru-paru sedang tangani.

Data selama empat bulan terakhir, pada Juli 2022 ada 11 kasus pasien Covid-19, Agustus tercatat 45 kasus, September tercatat 48 kasus, dan Oktober 2022 tercatat 47 kasus yang dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments