Sabtu, 4 Februari 2023

Uruguay Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Meski Menang Lawan Ghana

Sabtu, 03 Desember 2022 | 07:27:28 WIB


Pelatih timnas Ghana Otto Addo vs pelatih timnas Uruguay Diego Alonso
Pelatih timnas Ghana Otto Addo vs pelatih timnas Uruguay Diego Alonso / ANTARA

JAKARTA - Timnas Uruguay gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski mampu mengamankan kemenangan 2-0 atas Ghana, pada laga Grup H di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat malam WIB.

Pada pertandingan ini Uruguay mampu memenangkan laga berkat dua gol dari Giorgian de Arrascaeta di babak pertama, demikian catatan FIFA.

Tambahan tiga poin ini membuat Uruguay berada di peringkat ketiga klasemen akhir Grup H Piala Dunia 2022, kalah produktivitas gol dari Korea Selatan di tempat kea.

Pada sisi lain, Ghana berada di posisi juru kunci klasemen akhir dengan torehan tiga poin dari tiga pertandingan hasil menang atas Korea Selatan dan takluk dari Uruguay serta Portugal.

Pada babak pertama, Uruguay mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun upaya dari Darwin Nunez, Facundo Pellistri dan Luis Suarez belum membuahkan hasil dalam 10 menit awal.

Pada menit ke-17, Ghana memiliki peluang emas untuk unggul lebih dulu setelah mendapatkan hadiah penalti berkat pelanggaran kiper Sergio Rochet terhadap Mohammed Kudus di kotak terlarang.

Tendangan penalti diambil oleh Andre Ayew, akan tetapi sepakannya gagal dimaksimalkan menjadi gol setelah bola mampu ditepis oleh Rochet sehingga skor 0-0 masih bertahan.

Uruguay mampu unggul lebih dulu pada menit ke-26 melalui gelandang Giorgian de Arrascaeta, setelah memanfaatkan bola muntah dari tendangan Luis Suarez dan skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Diego Alonso mampu menambah keunggulan mereka enam menit berselang, setelah umpan dari Suarez mampu dimaksimalkan oleh De Arrascaeta sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Pada sisa waktu babak pertama, Uruguay tetap lebih sering melancarkan serangan, akan tetapi hingga turun minum, skor 2-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua, Ghana berusaha untuk memperkecil ketertinggalan dan memiliki peluang emas melalui umpan Osman Bukari, akan tetapi Kudus gagal menyambut bola.

Uruguay sempat menekan lini pertahan Ghana dan menciptakan peluang melalui tendangan Federico Valverde yang masih bisa dihalau oleh kiper Lawrence Ati-Zigi.

Ghana belum mau menyerah dan sempat mengancam melalui aksi individu Mohammed Kudus, akan tetapi tendangan pemain Ajax tersebut masih melambung di atas mistar gawang Uruguay.

Di waktu tambahan babak kedua, Uruguay berusaha mencari gol tambahan agar memastikan mereka lolos ke babak selanjutnya, akan tetapi hingga peluit panjang berbunyi skor 2-0 tetap bertahan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments