Senin, 30 Januari 2023

PDIP Jambi Calonkan Dua Perempuan Penyandang Disabilitas Maju di Pemilu 2024

Sabtu, 03 Desember 2022 | 18:02:32 WIB


Ratu Mas Dewi (Berkaca mata) dan Detty Herawati
Ratu Mas Dewi (Berkaca mata) dan Detty Herawati / Metrojambi

JAMBI - Dua aktivis disabilitas perempuan Jambi, Ratu Mas Dewi dan Detty Herawati bertekat bisa duduk di parlemen, agar bisa memperjuangkan hak-hak dan kebutuhan penyandang disabilitas khususnya di Jambi. 

Untuk memperjuangkan kepentingan kelompok disabilitas, Ratu Mas Dewi dan Detty Herwati aka ikut bertatung di pemilian calon legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024. Mereka maju lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Ratu Mas Dewi maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi di Kota Jambi. Sementara Detty maju sebagai Caleg DPRD Kota Jambi dari Jambi Selatan. 

Sebagai Ketua Himpunan Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi Jambi, Ratu Mas Dewi paham betul apa yang menjadi kelurahan bagi penyandang disabilitas. Menurutnya, selama ini dari tingkat daerah sampai nasional belum ada penyandang disabilitas bisa suara di parlemen, mereka hanya bersuara dari luar.  

"Alangkah baiknya ada yang mewakilinya. Karena isu-isu disabilitas tidak semua dipahami oleh non disabilitas, yang tau kebutuhan kami disabilitas ya kami sendiri," kata Ratu Mas yang mengaku akan maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Dapil Kota Jambi.  

Begitu juga Detty Herawati, sebagai Ketua HWDI Kota Jambi dia ingin merubah stiga masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Padahal kata dia, isu-isu soal disabiitas itu sudah tertuang di dalam undang-undang no 8 tahun 2016.

Salah satunya dalam hak untuk mendapatkan pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kesempatan untuk mempeemperoleh pekerjaan. Namun di tengah masyarakat stigmanya masih memandang disabilitas sebagai objek untuk bantuan. “Disabilitas itu krisis kepercayaan diri,” katanya.

Dengan emosional dan mata berkaca-kaca, Detty menegaskan bertekat maju untuk Caleg DPRD Kota Jambi. Dia ingin menularkan kepercayaan diri kepada penyandang disabilitas lainnya.

"Kesempatan kami disini akan dilihat sebagai contoh pembelajaran disabilitas untuk bisa maju di legislatif dan bersuara dengan lantang. teman-teman jangan khawatir, harus belajar," tegasnya.

Keduanya mengaku berani maju atas support PDIP dan dorongan dari Wakil Ketua Bidang Politik dan Media PDIP, Ratu Munawaroh. Selain keterwakilan dari penyandang disabilitas, selagus keterwakilan caleg perempuan di setiap dapil.

Ratu Munawaroh mengaku mendorong kedua aktivitis perempuan disabilitas itu untuk maju di legislatif Pemilu 2024. Karena menurutnya, kedua perempuan itu punya kapasitas untuk memperjuangkan kepentingan disabilitas.

Sebagai Ketua Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) tahun 1999, ia banyak kesinggungan dengan masalah disabilitas, sehingga ia menilai butuh orang pemegang regulasi untuk program disabilitas. "Saya mengusulkan beliau berdua maju di legislatif sehingga lebih bisa memperjuangkan apa yang dibutuhkan teman-teman disabilitas," katanya. 


Penulis: Ria
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments