Sabtu, 4 Februari 2023

Asrama Haji Jambi Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Rabu, 30 Juni 2021 | 16:27:04 WIB


Gedung Asrama Haji
Gedung Asrama Haji / dok/metrojambi.com

JAMBI - Sebagai upaya antisipasi pemerintah dalam penanganan covid-19, belum lama ini pihak Kementerian Agama RI menyampaikan siap menjadikan 27 asrama haji di Indonesia sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, satu di antaranya adalah Asrama Haji Jambi.

Dengan demikian apabila rencana itu akan direalisasikan di Jambi, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mesti menambah jumlah tenaga kesehatan untuk menangani pasien Covid-19 yang diisolasi di sana.

"Kalau Asrama Haji Jambi jadi digunakan, nanti ada penambahan tenaga medis, bisa jadi nanti ada perekrutan (tenaga kesehatan)," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah.

Baca juga : Batal Berangkat, Jamaah Tarik Uang Pelunasan Haji

Untuk insentifnya, Pemprov Jambi nantinya akan menganggarkan melalui belanja tak terduga (BTT).

Pemanfaatan asrama haji untuk lokasi isolasi pasien Covid-19 tersebut akan direalisasikan, jika dibutuhkan.

Namun sampai saat ini, kata dia, persediaan kamar dan tempat tidur, baik di rumah sakit mau pun di Bapelkes dan BPSDM sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, sampai saat ini masih tersedia.

"Untuk tempat isolasi, sampai saat ini masih ada karena sebagian pasien terkonfirmasi positif covid-19 melakukan isolasi mandiri," jelas Johansyah.

Pihak Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi pun setuju jika asrama haji dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah, Abdullah Saman, Selasa menyampaikan disana ada 104 kamar dan 1 klinik yang tersedia di asrama haji.

Baca juga : Pesta Pernikahan di Bungo Dilarang Menggunakan Prasmanan

"Pada prinsipnya kita siap, apalagi dalam keadaan memang dibutuhkan, sebagai bentuk penanganan covid-19," tutupnya.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments