Sabtu, 28 Januari 2023

Lima Daerah di Jambi Diingatkan Waspadai Banjir dan Longsor

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:17:10 WIB


Bencana tanah longsor kembali terjadi di jalan lintas Sungaipenuh-Tapan, Sumatera Barat, Minggu (15/1/2023)
Bencana tanah longsor kembali terjadi di jalan lintas Sungaipenuh-Tapan, Sumatera Barat, Minggu (15/1/2023) / dok/metrojambi.com

JAMBI - Dalam waktu sepekan ke depan, beberapa wilayah di Provinsi Jambi akan terus diguyur hujan lebat, masyarakat diminta waspada terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, hingga akhir Januari 2023 masih terdapat curah hujan sedang hingga lebat dan masyarakat diminta untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas di luar rumah, kata Kepala BMKG Provinsi Jambi Ibnu Sulistyo, Jumat.

BMKG Jambi menyatakan hujan lebat tersebut bisa menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang. Wilayah yang curah hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

“Ada lima daerah tersebut perlu diwaspadai adanya bencana longsor dan banjir bandang," katanya Ibnu Sulistyo.

Hujan lebat disertai angin kencang tersebut masih akan mengguyur Jambi bagian barat sampai dengan awal Februari mendatang dan BMKG minta agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan lebat.

Untuk daerah lainnya seperti Kabupaten Batanghari, Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Tanjab Barat dan Tanjab Timur, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang.

"Pada awal Februari curah hujan akan mengalami penurunan di beberapa daerah di Jambi bagian timur, salah satunya Kabupaten Muarojambi, Tanjab Barat dan Tanjab Timur," katanya.


Penulis: Tri Suratno/Ant
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments